Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015

Kepala Sekolah adalah Guru yang diberi tugas tambahan dalam hal manajemen pendidikan dalam hal pemenuhan 8 standar, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana dan Standar Penilaian. Kepala Sekolah harus mampu dalam manajemen pendidikan dan sebelum Calon Kepala Sekolah harus mengikuti Program  OJL(On The Job Learning). LPPKS merupakan Organisasi atau sekolah yang menaungi Calon Kepala Sekolah agar menjadi Kelapa Sekolah yang siap menjabat, dan mampu melaksanakan tugasnya.  OJL adalah suatu program terbaru yang dirancang khusus untuk Guru yang mengikuti pendidikan untuk Kepala Sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA. Program ini bisa dikatakan sebagai diklat Kepala Sekolah dan ini dimulai Tahun 2014 hal ini sehubungan bergulirnya Peraturan Pemerintah tentang Pengangkatan Seorang Kepala Sekolah harus mengikuti Diklat Kepala Sekolah (Tidak serta merta mengangkat).
Semua File di simpan di Google Drive

Jadi Pemerintah mempunyai kebijakan bahwa Seorang Kepala Sekolah itu harus mampu menguasai Teknologi, dan tentu saja mampu me-manajemen sekolah untuk peningkatan mutu sekolah dan mutu pendidikan di masa mendatang.Sebelum Calon Kepala Sekolah Mengikuti diklat, LPPKS memberikan instumen Kepada Calon Kepala Sekolah untuk dijawab dan hasilnya bisa dilihat dan dijadikan salah satu bahan dalam Melaksanakan penelitian di sekolah. Instrument tersebut dikelompokan kedalam 5 kelompok yaitu : Kewirausahaan, Kepribadian dan sosial, Kepemimpinan Pmebelajaran, Pengembangan Sekolah dan Supervisi Pembelajaran. Banyak keluh kesah pastinya dirasakan Guru-Guru yang mengikuti Diklat Kepala Sekolah ini, dikarenakan tidak sedikit Guru yang tidak bisa menggunakan Fasilitas Teknologi(Komputer PC atau Notebook) karena skill penguasaan teknologi ini merupakan salah satu syarat dalam penyusunan tugas akhir bila diklat ini telah selesai dilaksanakan. Tentu berbeda kenyataannya bila Guru tersebut bisa atau mahir dalam menggunakan Komputer/Notebook.

Sebelum Calon Kepala Sekolah menjadi Kepala Sekolah yang resmi menjabat di sekolah tujuan, Kepala Sekolah harus menyusun Tugas Akhir dalam kegiatan tersebut. Nah Tugas akhir ini sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh dalam Pemenuhan serangkaian kegiatan OJL. Apabila Calon Kepala Sekolah tidak menyelesaikan Tugas akhir ini maka Calon kepala sekolah tersebut harus mengulang kembali pada tahun berikutnya. Sebelum menyusun Tugas Akhir OJL, Calon Kepala Sekolah harus : 1. Memilih 2 sekolah yang akan dijadikan Penelitian. 2. Koordinasi dengan kepala Sekolah tersebut tentang pelaksanaan OJL 3. Menyiapakan Instrument dalam penelitian.

  1. Memilih 2 Sekolah yang akan dijadikan Penelitian. maksudnya yaitu Sekolah sendiri dan sekolah magang. bisa dikatakan sekolah sendiri sebagai sekolah magang 1 dan sekolah lain sebagai sekolah magang2.
  2. Koordinasi dengan kepala sekolah tersebut tentang pelaksanaan OJL, hal ini sangat penting dikarenakan untuk mengkondisikan Waktu dimulainya Penelitian dan jadwal Hariannya, Mengkondisikan Guru-guru tentang sosialisasi Penelitian (OJL), Mengkondisikan Tiap Sekolah terutama Guru yang memegang 8 standar.
  3. Menyiapkan Instrument dalam penelitian. Instrument disini adalah tentang Sekolah yang akan dijadikan penelitian dalam hal pemenuhan 8 standar pendidikan, 9 Aspek Manajerial, Instrumen yang digunakan dalam hal apakah Calon Kepala Sekolah Kurang (contoh: Kewirausahaan), Supervisi Guru Junior, Rencana Tindak Kepemimpinan, Telaah Dokumen 1 dan Dokumen 2.
Panjang juga penulis menguraikan tentang OJL ini. Tapi tidak apa-apa ini demi berbagi file tentang OJL (On The JOb Learning). Langsung saja Penulis bagikan Instrument Tentang OJL. bisa langsung anda DOWNLOAD dibawah ini :

  1. BAB I.docx
  2. BAB II Sekolah Magang 1.docx
  3. BAB II Sekolah Magang 2.docx
  4. BAB IV Kesimpulan dan Saran.docx
  5. Daftar Isi.docx
  6. III.A Pelaksanaan RTK.docx
  7. III.B DAFTAR PERTANYAAN SETELAH OBSERVASI.docx
  8. III.B INSTRUMEN OBSERVASI KELAS.docx
  9. III.B Matriks Supervisi Guru Junior.docx
  10. III.B Supervisi Guru Junior.docx
  11. III.C INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx
  12. III.C Instrument Pelaksanaan Pembelajaran.docx
  13. III.C Intrumen Penelaahan RPP.docx
  14. III.C Perangkat Pembelajaran.docx
  15. III.D INSTRUMEN KAJIAN MONEV.doc
  16. III.D INSTRUMEN KAJIAN PENGELOLAAN KURIKULUM.doc
  17. III.D INSTRUMEN KAJIAN PTK.doc
  18. III.D INSTRUMEN KAJIAN SARPRAS.doc
  19. III.D INSTRUMEN KAJIAN TIK.doc
  20. III.D INSTRUMEN MONEV RTK.docx
  21. III.D INSTRUMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK.doc
  22. III.D INSTRUMEN PENGELOLAAN KEUANGAN.doc
  23. III.D INSTRUMEN PENGELOLAAN RKS.doc
  24. III.D INSTRUMEN PENGELOLAAN TAS.doc
  25. III.D INSTRUMEN RTK.docx
  26. III.D Instrument RKJM dan RKS.docx
  27. III.D Matrik Kajian Monev.docx
  28. III.D Matrik Kajian P. TAS.docx
  29. III.D Matrik Kajian P. TIK.docx
  30. III.D Matrik Kajian P.Keuangan.docx
  31. III.D Matrik Kajian P.Kurikulum.docx
  32. III.D Matrik Kajian PTK.docx
  33. III.D Matrik Kajian RKS.docx
  34. III.D Matrik Kajian Sarpras.docx
  35. III.D Matrik Kajian Serdik.docx
  36. III.D Pengkajian Aspek Manajerial Ketatausahaan.docx
  37. III.D Pengkajian Aspek Manajerial Keuangan Sekolah.docx
  38. III.D Pengkajian Aspek Manajerial Monev.docx
  39. III.D Pengkajian Aspek Manajerial pemanfaatn TIK.docx
  40. III.D Pengkajian Aspek Manajerial Pengelolaan Kurikulum.docx
  41. III.D Pengkajian Aspek Manajerial Peserta Didik.docx
  42. III.D Pengkajian Aspek Manajerial PTK.docx
  43. III.D Pengkajian Aspek Manajerial RKAS.docx
  44. III.D Pengkajian Aspek Manajerial Sarpras.docx
  45. III.D Program kegiatan RTK-RTL.docx
  46. III.E Instru Dokumen Kewirausahaan.docx
  47. III.E Pedoman Wawancara-Peningkatan AKPK.docx
  48. III.E Peningkatan Kompetensi Berdasarkan AKPK yang Kurang di Sekolah Lain.docx
  49. Kata Pengantar.docx
  50. MATRIKS KAJIAN ON THE JOB LEARNING.docx

Demikianlah postingan pada kali ini tentang Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Bapak/Ibu dimanapun Anda berada. Salam Edukasi.

File Penting Lainnya

    Semoga Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015 ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Administrasi Kelas, Akreditasi SD SMP SMA, Aplikasi Pengelolaan Keuangan BOS, KTSP 2006, Pemagaran Sekolah, Perangkat Pembelajaran, PKG, PLPG, SMP Sederajat dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015 "