text gambar

Do You Know KTSP??

File disimpan di Google Drive
Do You Know KTSP?? - Salam Sejahtera Penulis Ucapkan Kepada Bapak/Ibu/Saudara yang membaca Artikel dan mengungjungi Blog Pendidikan ini semoga selalu diberikan Kebaikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Berbicara KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) atau sering disebut Kurikulum 2006 merupakan salah satu kurikulum yang dikembangkan pemerintah untuk lebih meningkatkan lagi kinerja atau mutu pendidikan dari sabang sampai merauke supaya diterapkan dan lebih dikembangkan lagi di sekolah-sekolah. Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 Semester Ganjil Pemerintah menggulirkan Kurikulum 2013 yang dicoba dikembangkan di sekolah-sekolah yang pada awalnya berharap akan berhasil dikembangkan, namun tidak berhasil dan akhirnya hanya 1 semester 1 saja seluruh sekolah memakai kurikulum 2013 dan Hanya sekolah-sekolah pilihan yang berbasis SSN yang melanjutkan memakai kurikulum 2013 pada semester 2. Pada intinya kurikulum ini lebih menekankan pada siswa yang aktif dan disibukannya Guru dalam melakukan penilaian Sikap, Penilaian Keterampailan dan Penilaian Pengetahuan disamping tugas pokoknya dalam memberikan materi pembelajaran yang mungkin itu menjadi salah satu kendala pada pengembangan kurikulum 2013 ini disamping kurangnya merata Fasilitas antara sekolah yang ada dikota dan dipelosok serta SDM yang masih kurang  dan peran serta orang tua siswa terutama di pelosok/ pedesaan dalam menilai Pendidikan itu sendiri (bahwa Pendidikan itu bukan prioritas melainkan pekerjaan yang menjadi prioritas).

Penulis menganggap kurikulum 2013 itu sangat bagus, Karena salah satu alasan penulis menyebutkan bagus itu adalah siswa itu berperan aktif dan bukanya Pasif. aktif dalam hal ini yang menunjang dalam pelajaran, misalnya mencari informasi di internet. Mungkin menggunakan fasilitas internet untuk siswa yang ada di kota-kota besar di indonesia sudah menjadi kebiasaan bahkan menjadi rutinitas, berbeda sangat jauh jika melihat di Pelosok/ Pedesaan yang sebagian besar tidak bisa menggunakan fasilitas internet bahkan tidak mengetahui apakah internet itu?  dikarenakan 1. Tidak mempunyai Fasilitasnya. 2. Tidak bisa menggunakan. 3. Kurangnya SDM yang menunjang. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kendala untuk mengembangkan kurikulum 2013 terutama di pedesaan. Bagaimana mau maju pendidikan di indonesia, tidak meratanya Fasilitas, SDM serta Kesejahteraan yang menjadi kendala dari sekian banyaknya kendala yang ada.

Berbicara KTSP tentu saja berbeda dengan kurikulum 2103. Kalau melihat Alasan Penulis yang menyebutkan " Menekankan Siswa Aktif " Hal ini, KTSP Tidak menekankan pada setiap mata pelajaran melainkan pada metode-metode pembelajaran yang dikembangkan tergantung juga pada materi yang akan diberikan pada peserta didik serta KTSP tidak menyibukan Guru dalam melakukan penilaian. Jadi Guru lebih Fokus menjalankan tugas pokoknya. Sebetulnya dalam kurikulum KTSP juga Guru juga harus bisa memilih dan menggunakan metode mana yang cocok dengan materi yang akan diberikan tiap harinya. Makin banyak Metode yang digunakan makin siap Guru tersebut memberikan pembelajaran. Penulis membagikan artikel ini tidak lain hanya mengingatkan kembali Apakah itu Materi Pokok KTSP, Materi Umum KTSP serta memberikan Informasi tentang KTSP. Lebih dan Kurangnya Mohon dimaafkan. Langsung saja yang membutuhkan file ini untuk dijadikan bahan bacaan (karena membaca itu jendela dunia) atau referensi dalam menyusun program KTSP di sekolah bisa di download di bawah ini :

Materi Pokok KTSP
  1. Analisis Konteks.rar
  2. Rancangan Penilaian Hasi Belajar.rar
  3. Pengembangan Bahan Ajar.rar
  4. Pengembangan Bahan Ujian.rar
  5. Raport.rar
  6. Penyusunan KTSP.rar
  7. Model-Model Pembelajaran.rar
  8. Pengembangan Diri.rar
  9. Muatan Lokal.rar
  10. Kajian SI, SK dan KD.rar
  11. Pengembangan Indikator.rar
  12. Silabus dan RPP.rar
  13. Penetapan KKM.rar

Materi Umum KTSP
  1. UU No.20 th 2003 tentang SISDIKNAS.rar
  2. Permendiknas tentang Pendidik & Tenaga Kependidikan.rar
  3. Permendiknas tentang Standar Sarana Prasarana.rar
  4. Permendiknas No 19 th 2007 tentang Standar Pengelolaan.rar
  5. Permendiknas No 20 th 2007 tentang Standar Penilaian.rar
  6. UU No 14 Th 2005 tentang Guru dan Dosen.rar
  7. PP NO 19 TAHUN 2005 tentang SNP.rar
  8. PP No.48 th 2008 tentang Pendanaan.rar
  9. PP No.74 th 2008 tentang Guru.rar
  10. Permendiknas tentang Standar Isi (SI).rar
  11. Permendiknas tentang Standar Proses.rar
  12. Permendiknas tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL).rar
  13. Permendiknas tentang Pelaksanaan SI dan SKL.rar

Sekian dahulu artikel yang penulis buat tentang " Do You Know KTSP " mudah-mudahan apa yang dibagikan pada kali ini bisa bermanfaat baik untuk sekarang ataupun untuk kelak masa yang akan datang. Terima Kasih
Salam Edukasi!!

File Penting Lainnya

    Semoga Do You Know KTSP?? ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Administrasi Kelas, Akreditasi SD SMP SMA, Download, KTSP 2006 dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Do You Know KTSP??"