text gambar

Update Dapodik

Update Dapodik

Update Dapodik 

Dapodik - Dapodik adalah aplikasi pendataan untuk jenjang SD dan SMP yang telah beberapa tahun ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. ini merupakan terobosan dalam bidang pendidikan dalam hal pendatan dimulai dari Kondisi Sekolah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta Peserta Didik. Sehingga Dapodik dijadikan salah satu pendataan pokok dan utama untuk pemerintah dalam melihat kondisi sekolah baik di perkotaan maupun di pedesaan. Untuk tahun ini Dapodik sudah mengeluarkan versi 4.0.0 yang di bisa di download disini, yang kalau dilihat semakin banyak perbaikan-perbaikan dilakukan pada versi tersebut untuk menjaga kualitas data agar tetap aman.
Untuk Dapodik versi 4.0.0 ini proses Update atau Patch dilakukan langsung di Aplikasi Dapodiknya secara online, berbeda sekali dengan generasi sebelumya.  Hal ini merupakan suatu kemajuan karena pada versi sebelumnya untuk mendapatkan patch tersebut sangat sulit dikarenakan Web Server sangat penuh dengan trafik pengunjung maupun pengiriman dari tiap sekolah di seluruh indonesia. Untuk itu kiranya alasan patch Dapodik untuk Versi 4 ini dilakukan pada Aplikasinya langsung.


Ada beberapa perubahan setelah dilakukannya Patch atau Update diantaranya :
  1. [Perbaikan] Level wilayah bergeser pada profil sekolah
  2. [Perbaikan] Level wilayah bergeser pada identitas sekolah di beranda
  3. [Perbaikan] Kolom SKHUN yang kembali merah
  4. [Perbaikan] Link generate prefill
  5. [Pembaruan] Pembukaan Nama, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin pada data PTK
  6. [Pembaruan] Pembukaan Nama, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung pada data Peserta Didik
  7. [Pembaruan] Validasi No Peserta Ujian Nasional untuk peserta didik jenjang SMP
  8. [Pembaruan] Validasi peserta didik maksimal 200 data (paging)
  9. [Pembaruan] Referensi Kembali Bersekolah ketika memasukan peserta didik ke anggota rombel
Itu beberapa fitur yang tampil setelah dilakukannya patch Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0. Segera Update Aplikasi Dapodik anda untuk mendapatkannya dan bila memang ada data yang membutuhkan perbaikan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

1.  Log In pada aplikasi Dapodikdas masing-masing sekolah
2.  Pilih pengaturan kemudian Klik Pembaharuan (bisa dilihat gambar dibawah ini)
Update Dapodik
1. Update Dapodik
3.  Kemudian akan muncul jendela Popup (bisa dilihat gambar dibawah ini)
Update Dapodik
2. Update Dapodik



4. Lihat sampai Proses selesai seperti gambar dibawah ini 
Update Dapodik
3. Update Dapodik

Itulah langkah-langkah yang dilakukan dalam Update Dapodik langsung dari Aplikasi Dapodikdas dengan gambar dan sedikit penjelasan namun untuk lebih jelasnya lagi bagaimana cara melakukan Updater atau Patch bisa dilihat pada video dibawah ini :



Demikianlah uraian singkat tentang Update Dapodik di Aplikasi secara langsung. Mudah-mudahan bisa bermanfaat serta berguna untuk bapak/ibu/saudara pada Operator Sekolah. Terima Kasih juga Penulis ucapkan Kepada Bapak Yusep Patahuddin yang telah berbagi Videonya. Salam Edukasi

File Penting Lainnya

    Semoga Update Dapodik ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Dapodikdas dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Update Dapodik"