text gambar

Konseling Islam - Pengertian, Sejarah, Konsep, Tujuan dan Manfaatnya

Konseling Islam - Pengertian, Sejarah, Konsep, Tujuan dan Manfaatnya. 

Konseling Islam - Pengertian, Sejarah, Konsep, Tujuan dan Manfaatnya

Untuk kali ini admin akan mencoba membahas sedikit tentang Konseling Islam. Pengertian - Bila melihat arti dari kata konseling  berasal dari kata counsel yang diambil dari bahasa latin yaitu counselium, artinya ”bersama” atau ”bicara bersama”. Pengertian ”berbicara bersama-sama” dalam hal ini adalah pembicaraan antara konselor (counselor) dengan seseorang atau beberapa klien (Counselee). Dengan demikian counselium berarti, ”people coming together to again an understanding of problem that beset them were evident”, yang ditulis oleh Baruth dan Robinson (1987:2) dalam bukunya An Introduction to The Counseling Profession.

Sejarah Berdirinya Bimbingan Konseling Di Indonesia

Sejak tahun 1960. Hal ini merupakan salah satu hasil Konferensi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (disingkat FKIP, yang kemudian menjadi IKIP) di Malang tanggal 20 – 24 Agustus 1960. Perkembangan berikutnya tahun 1964 IKIP Bandung dan IKIP Malang mendirikan jurusan Bimbingan dan Penyuluhan. Selanjutnya mulai menyebar di beberapa daerah mengadakan Jurusan bimbingan Konseling.

Konsep Dasar Bimbingan Konseling Disekolah

  1. Bimbingan Konvensional - Tujuan bimbingan menurut para ahli dibedakan menjadi, yaitu tujuan bimbingan mendasar , umum, teoritis, dan yang lebih kongkret merupakan penjabaran dari tujuan yang bersifat umum. Tujuan yang bersifat umum antara lain penemuan diri dan dunianya, perkembangan secara optimal , realsisasi diri secara bernilai sebagai individu. Adapun Fungsi dari Bimbingan Konseling sebagai suatu kegiatan tertentu yang mendukug atau yang mempunyai arti tujuan bimbingan.
  2. Konseling Islami - Tujuan umum Konseling Islami secara garis besar dapat diartikan Membantu individu mewujudkan dirinya sebagai manusia seutuhnya agar mencapai kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Dan Tujuan khusus diantaranya : #1. Membantu individu agar tidak menghadapai masalah, #2. Membantu individu mengatasi masalah yang sedang dihadapinya, #3  Membantu indvidu memelihara dan mengembangkan situasi dan kondisi yang baik atau yang telah baik agar tetap baik atau menjadi lebih baik, sehingga tidak akan menjadi sumber masalah bagi dirinya dan orang lain.
  3. Fungsi dan kegiatan Bimbingan dan Konseling Islami diantranya adalah Preventif, kuratif atau korektif, persuasive  dan developmental atau pengembangan 
Untuk lebh jelasnya lagi mengenai Konseling Islam. Bisa langsung lihat preview dan Download File dibawah ini :

[ Format File - Micsoroft Word ]


Demikianlah berbagi file tentang Konseling Islam - Pengertian, Sejarah, Konsep, Tujuan dan Manfaatnya Semoga bisa membantu dalam pemahaman Konseling Islam in. Terima Kasih


File Penting Lainnya

    Semoga Konseling Islam - Pengertian, Sejarah, Konsep, Tujuan dan Manfaatnya ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Bimbingan Konseling, microsoft Word, SMA Sederajat, SMK Sederajat, SMP Sederajat dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates: