text gambar

8 Solusi Jitu Mengatasi Anak Malas Belajar Versi Berkas Sekolah

8 Solusi Jitu Mengatasi Anak Malas Belajar

8 Solusi Jitu Mengatasi Anak Malas Belajar - Malas.! itulah kata yang akan dijadikan objek dalam tulisan admin untuk saat ini. Malas sering kali melanda orang dewasa ataupun yang masih usia remaja apalagi anak-anak yakni suatu keadaan yang mungkin tidak diharapkan otak sehingga fisikpun tidak ingin bekerja sedikitpun. Paling banyak kata-kata malas itupun keluar para ibu-ibu seperti : anak saya malas makan, anak saya malas mandi, anak saya malas tidur dan lain-lain.

8 Solusi Jitu Mengatasi Anak Malas Belajar Versi Berkas Sekolah
Image source : www.kaskus.co.id

Dalam dunia pendidikan malas bisa dikatakan sebagai musuh besarnya, karena dengan malas konsentrasi dan semangatpun menjadi hilang. Sebetulnya banyak cara menghilangkan anak malas dalam belajar diantaranya Guru merubah gaya mengajar, menggunakan strategi yang sesuai dengan mata pelajaran, metode pembelajaran, dukungan sarana prasarana yang menunjang dan sebagainya.

Untuk Guru ini menjadi suatu tantangan dalam setiap KBM karena itu haruslah mempunyai metode, strategi bahkan menciptakan hal-hal yang baru yang dapat menggairahkan setiap kegiatan belajar mengajar siswa di kelas.

Admin utarakan Beberapa masalah yang membuat anak malas belajar  baik di Rumah maupun di Sekolah :
  1. Beban sekolah yang terlalu banyak. Setiap hari siswa di sekolah belajar 6-7 jam dengan mata pelajaran yang bervariasi yang hampir rata-rata diberikan tugas baik lisan maupun tulisan. Hal ini tentu saja memberatkan siswa bahkan berujung malas bahkan bolos. Solusi #Pertama - Guru mengajar jangan terfokus hanya di kelas, bisa saja belajar di halaman sekolah, perpustakaan, dan tempat yang membuat aman, nyaman dan enak dalam belajar. #Kedua - Kurikulum Wakil Kepala Sekolah Selaku Pembuat Jadwal Pelajaran haruslah bisa membagikan atau random mata pelajaran yang dianggap berat. Jangan sampai mata pelajara bahasa inggris, matematika dan ipa disatukan dalam 1 hari, begitujuga dengan yang lainnya.
  2. Sistem mengajar yang tidak menarik  atau  tidak suka pada pelajaran /guru. Ini yang menjadi suatu tantang seperti admin sedikit uraikan diatas. Solusi untuk Point 2 ini, #Pertama Guru haruslah mempunyai Inovasi atau mengembangkan metode/strategi yang cocok bahkan bisa membuat sesuatu yang baru supaya setiap pembelajaran menjadi kondusif dan menyenangkan. # Kedua - Jadilah menjadi Guru yang Low Profile tetapi jangan sampai menjadi bullyan murid-murid karena hal ini. Maksudnya adalah Guru harus bisa disegani baik di Sekolah maupun diluar sekolah.
  3. Anak tersebut bukan anak yang berorientasi akademis. Disekolah selalu diadakan program Ekstrakulikuler baik Pramuka, Olahraga, PMR, PKS, dan lain sebagainya. Hal ini diadakan untuk siswa dan siswi yang memang menyukai kegiatan selain bidang Akademiknya. Memang benar tidak semua siswa berorientasi pada bidang akademik, maka dari itulah pentingnya diadakan ekstrakulikuler.
  4. Gangguan fisik. Mungkin beberapa siswa dan siswi yang mempunyai gangguan pendengaran atau penglihatan. #Pertama :  Perlu diadakan obervasi bisa melalui Wali Kelas ataupun Guru Mata Pelajaran dalam hal ini yang dituangkan dalam Buku Legger ataupun Buku Catatan Siswa#Kedua : Sekolah bisa bekerja sama dengan pihak Pusekesmas atau Rumah Sakit secara rutin memeriksa kesehatan siswa dan siswinya. 
  5. Masalah keluarga atau problem emosionalSiswa dan Siswi usia labil memungkinkan pola sikap, pola tindak dan pola pikir tidak sesuai dengan yang diharapkan karena banyak faktor yang mempengaruhinya termasuk di point 5 ini. Disinilah Fungsi Guru BK sangat dibutuhkan untuk menangani kasus perkasus yang dipengaruhi dari point diatas. Bisa dengan wawancara pihak keluarga, teman dekat, teman sebangku dll.
  6. Tak ada panutan. Orang tua merupakan panutan yang akan dicontoh anaknya selama pertumbuhan menuju kedewasaan karena memang keluarga yang paling dekat dan intim satu dengan yang laiinya. Maka dari itu perlu peran serta kedua orang tua dalam hal membina dan membimbing anaknya menjadi lebih baik.
  7. Orang tua  salah bicara  saat menasehati anak. Jangan sampai ini terjadi pada anda, karena setiap perkataan orang tua adalah doa untuk anaknya. Apalagi bila kondisi sedang bersitegang Bapak dan Ibunya jangan sampai terdengar anaknya karena itu akan menjadi suatu trauma yang terus melakat selama hidupnya. Selain perkataan, perbuatan juga harus dijaga karena apa yang anak lihat akan menjadi contoh yang anak lakukan.
  8. Fasilitas berlebih. Apalah Artinya Fasilitas mewah bila anak tidak dekat dengan Orang tua. justru dengan memberikan fasilitas yang tidak tepat terhadap anak akan membuat mereka lebih individualis dan kurang mau berinteraksi dengan lingkungan Tetapi perhatian dan kasih sayanglah yang paling diharapkan untuk setiap anak dengan selalu memberikan quality time untuk mereka, karena itu membuat nyaman, aman dan serasa diakui sebagai anak.
Demikianlah berbagi info tentang 8 Solusi Jitu Mengatasi Anak Malas Belajar semoga menjadi pencerahan untuk anda baik untuk lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Apabila mau menambahkan kekurangan atau memperbaiki artikel ini silahkan beri komentar pada kolo yang telah disediakan.


File Penting Lainnya

    Semoga 8 Solusi Jitu Mengatasi Anak Malas Belajar Versi Berkas Sekolah ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Berita Pendidikan dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates: