text gambar

Bimbingan Konseling - Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0

Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0

Apa kabarnya rekan-rekan Konselor, pastinya baik-baik saja kan? Tidak lupa admin ucpakan terima kasih banyak kepada Para pengunjung  berkassekolah.com yang masih setia untuk update file, berita dan tutorial seputar dunia pendidikan. Semoga selalu sehat dan sejahtera dalam setiap kegiatan yang dijalani.

Pada kesempatan yang sangat baik ini pula admin akan mencoba membagikan salah satu file yang sangat berguna untuk seorang Konselor yakni " Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0." Ada 2 ya Aplikasinya, ya benar sekali untuk kal ini khusus admin membagikan 2 file sekaligus berbentuk Aplikasi Microsoft Excel  Karya Bapak Drs. Mastur., Kons, yang tidak lain adalah seorang konselor senior yang sudah lama terjun dan menekuni bidang garapannya yakni Bimbingan Konseling.  Namun sebelum admin membagikan file ini, alangkah baiknya bisa disimak dahulu mengenai Pengertian, Fungsi dan Syarat Sosiometri.

Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0

Pengertian Sosiometri

Adalah pengukuran penerimaan dan penolakan, kesukaan dan ketidaksukaan, dan perasaan-perasaan lain yang terdapat antara para anggota suatu kelompok. Yang pertama kali menggunakan metode sosiometri ini adalah Moreno (1934). Caranya adalah dengan menanyakan – tentu secara diam-diam – kepada setiap anggota kelompok dengan siapa(-sia- pa) dari para anggota lainnya, dia akan suka atau justru tidak suka melakukan suatu kegiatan, atau tinggal bersama sekamar, dsb. Data-data yang terkumpul seperti ini dipakai untuk membuat sosiogramnya. atau ;
Pengertian Lain Sosiometri
Sosiometri adalah alat untuk mengukur hubungan sosial dalam suatu kelompok, dimana yang bersangkutan anggota dalam kelompok tersebut. Sosiometri tepat digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hubungan sosial dan tingkah laku sosial individu. Gambar suasana hubungan sosial yang diperoleh dengan sosiometri di sebut Sosiogram.

Fungsi Sosiometri

  1. Berusaha menemukan pola-pola pilihan dan penolakan antar individu dalam kelompok,
  2. Memberi tafsiran sampai dimana penyesuaian sosial individu dalam kelompok itu,
  3. Seleksi individu yang memerlukan konseling dan remedial work dalam kecakapan sosial.

Syarat Melaksanakan Sosiometri

Adapun syarat-syarat yang digunakan dalam melaksanakan Sosiometri ini diantaranya :
  1. Anak sudah saling mengenal dalam jangka waktu lama
  2. Sampel maksimal 40 orang
  3. Setiap penyajian harus dapat menciptakan hubungan yang baik dengan peserta didik
  4. Hasil sosiometri di rahasiakan
  5. Dilaksanakan kelompok belajar, perubahan pasangan tempat duduk, bimbingan kelompok
  6. Item soal harus jelas dan jangan ambigius
  7. Dilaksanakan secara kontinyu/tiap 6 bulan satu kali
  8. Peserta tidak saling mencontoh
  9. Sebagai pelengkap gunakan alat bantu untuk kebenaran
Baca juga : 
Untuk lebih jelas dan meyakinkan anda dalam melihat isi dari Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0 bsia dilihat preview filenya dibawah ini :


Semoga berbagi file khusus untuk seorang konselor di Sekolah pada kesempatan kali ini dapat benar-benar membantu meringankan setiap pekerjaan Bapak dan Ibu. Terima Kasih dan Semoga Bemanfaat. Untuk mendapatkan Aplikasi Sosiometri Versi 4.0 dan Versi 5.0.

File Penting Lainnya

    Semoga Bimbingan Konseling - Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0 ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Bimbingan Konseling dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Bimbingan Konseling - Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0"