text gambar

Contoh Program Kerja Kesiswaan SMP SMA MA SMK | Berkas Sekolah

Program Kerja Kesiswaan SMP SMA MA SMK

Program Kerja Kesiswaan SMP SMA MA SMK - Program Kerja merupakan salah satu sarana untuk menerapkan setiap kegiatan-kegiatan  yang sudah ada didalamnya. Hal ini haruslah disusun sendiri Wakasek Kesiswaan sebagai tugas pokok dan fungsinya. 

Bukan hanya itu saja, setiap Jabatan yang ada disekolah tentu saja harus membuat dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan sekolah yang selanjutnya di ajukan kepada Kepala Sekolah untuk disetujui serta diberikan anggaran untuk setiap kegiatan yang akan dilaksanakan.

Adapun kesesuaian dengan Anggaran Sekolah kembalikan lagi dengan Skala Prioritas, mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dilaksanakan kemudian. Intinya adalah kembali lagi dengan kebutuhan sekolahnya. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak beberapa penjelasan dibawah ini :

Contoh Program Kerja Kesiswaan SMP SMA MA SMK Format Microsoft Word

Latar Belakang Program Kerja Kesiswaan

Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.

Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Tujuan  Program Kerja Kesiswaan

  1. Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik. 
  2. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab. 
  3. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. 
  4. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat 
  5. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah 
  6. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar. 
  7. Meningkatan apresiasi dan penghayatan seni. 
  8. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila. 
  9. Meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani. 

Ruang Lingkup Program Kerja Kesiswaan 

  1. Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS) lihat disini Versi 1 dan Versi 2
  2. Program Pembinaan Ekstrakurikuler (lihat disini)
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.

Sasaran Pembinaan Progam Kerja Kesiswaan

Biasanya yang menjadi sasaran dari Pembinaan PKS Kesiswaan adalah semua siswa dan siswi yang menjadi peserta didik di sekolah masing-masing dimulai dari kelas terendah sampai kelas teratas sebanyak siswa yang ada.

Hasil yang ingin dicapai dari Program Kerja Kesiswaan 

  1. Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
  2. Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
  3. Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri

Strategi Pembinaan Program Kerja Kesiswaan

  1. Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan .....................
  2. Dst..
Baca juga : 

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan langsung saja dilihat preview filenya dibawah ini :


Supaya makin jelas mengeani file yang dibagika pada kesempatan kali ini, Anda juga bisa mendapatkan dalam bentuk Format Microsoft Word yang bisa langsung anda download melalui link dibawah ini :
Semoga dengan penjelasan dan File yang diberikan admin kali ini bisa berguna serta bermanfaat untuk anda dalam mengembangkan setiap potensi peserta didik melalui Program Kerja Kesiswaan. Sekian dan Terima Kasih.

File Penting Lainnya

    Semoga Contoh Program Kerja Kesiswaan SMP SMA MA SMK | Berkas Sekolah ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Contoh Program Sekolah dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Contoh Program Kerja Kesiswaan SMP SMA MA SMK | Berkas Sekolah"