Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah Format Excel | Berkas Sekolah

Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah Format Excel

Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah – Rencana Kerja Madrasah (RKM) sebagaimana Evaluasi Diri Madrasah sangat disarankan agar Madrasah setiap lima tahun sekali menyusunnya. Diharapkan dengan dibuatnya Rencana Kerja Madrasah khusus Madrasah Ibtidaiyah mencapai target pendidikan sesuai dengan yang telah direncanakan. Dengan begitu sasaran dan tujuan Madrasah bisa tercapai karena semua kegiatan dalam lima tahun kedepan telah direncanakan dalam Rencana Kerja Madrasah. Untuk memudahkan dalam pembuatannya, saya akan berbagi Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah .

Salah satu program Pemerintah dalam mendukung suksesnya pendidikan di Indonesia, maka Pemerintah telah memberikan tunjangan dana untuk kepentingan dan mencukupi operasional sekolah. Bantuan tersebut adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sementara bantuan ini diperuntukkan bagi pendidikan dasar saja seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Maka dari itu, Madrasah dituntut untuk membuat perencanaan dalam mengalokasikan dana Pemerintah tersebut. Yang selanjutnya rencana tersebut dinamakan Rencana Kerja Madrasah. Disini saya hanya akan berbagi file Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah saja. Insya Allah kedepannya akan berbagi file juga Rencana Kerja Madrasah Tsanawiyah.


Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah Versi Berkas Sekolah


Kenapa Harus Membuat Rencana Kerja Madrasah?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Rencana Kerja Madrasah dibuat untuk menyusun perencanaan Madrasah selama lima tahun kedepan. Untuk itu agar mutu Madrasah ada peningkatan, maka perlu membuat perencanaan yang baik. Rencana Kerja Madrasah dibuat berdasarkan Evaluasi Diri Madrasah untuk mengukur kinerja serta kemampuan Madrasah, khususnya Madrasah Ibtidaiyah. Demi suksesnya dalam membuat Rencana Kerja Madrasah maka harus melibatkan semua jabatan yang berkepentingan, seperti Ketua Yayasan, Komite Madrasah, Kepala Madrasah, dan Dewan Guru. Jika dirasa sangat perlu, gunakan juga Tokoh Masyarakat sekitar.

Banyak manfa’at yang akan dirasakan Madrasah jika Madrasah membuat program Rencana Kerja Madrasah. Diantaranya, Rencana Kerja Madrasah adalah sebagai tolak ukur keberhasilan Madrasah untuk mengimplementasikan berbagai macam program Madrasah. Selanjutnya Rencana Kerja Madrasah bisa dijadikan acuan demi mecapai target sasaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

Adapun sistematika dalam penyusunan Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah jika dikelompokkan terbagi menjadi dua point penting. Yaitu mengidentifikasi kondisi Madrasah saat ini dan mengidentifikasi kondisi Madrasah jangkauan masa depan atau program Madrasah yang diharapkan. Jika dua point penting tersebut sudah ditentukan, selanjutnya Madrasah merumuskan kegiatan-kegiatan berdasarkan identifikasi tersebut.

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan langsung saja download filenya dibawah ini untuk segera dilakukan pengecekan barang kali saja ini file yang memang anda butuhkan.
Anda juga bisa melihat dahulu preview filenya dibawah ini supaya lebih yakin akan adanya file yang dibagikan pada kesempatan kali ini.

[Preview File]

Demikianlah kiranya berbagi pada kesempatan kali ini, semoga apa yang dibagikan Berkas Sekolah ini bisa berguna serta bemanfaat khususnya untuk Admin sendiri dan Umumnya untuk Anda dimanapun berada. Sekian dan Terima Kasih.
sumber : info-menarik.net

File Penting Lainnya

    Semoga Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah Format Excel | Berkas Sekolah ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Contoh Program Sekolah dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah Format Excel | Berkas Sekolah"