text gambar

Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional

Berkas Sekolah - Kurikulum Nasional merupakan perubahan dari Kurikulum 2013, Hal ini mungkin dalam hal perbaikan-perbaikan menuju yang lebih baik. Karena memang untuk pertama kalinya penerapan Kurikulum 2013 ini banyak hal dan Faktor yang bisa dikatakan menjadi permasalahan sehingga Kurikulum ini tidak serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Hanya Beberapa sekolah yang ditunjuk langsung dan menjadi percobaan penerapan kurikulum ini.

Perbaikan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional dilaksanakan melalui Diklat Kurikulum yang beberapa minggu kebelakang dilaksanakan dan dipilihlah Guru dengan hasil UKG (Uji Kompetensi Guru) yang memuaskan menjadi pesertanya.

Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional

Adapun hasil dari Diklat Kurikulum Nasional ini pun diantaranya :  

  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tp tetap Kurikulum 2013 Edisi revisi yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sdh ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Ki tetap dicantumkankan dlm penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 kd, maka yg diambil adl nilai yg tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 kd ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama. 
  4. Pendekatan scientific 5M bukan lah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunan nya tidak harus berurutan
  5. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester utk semester 1 dan penilaian akhir tahun utk semester 2. Dan sudah tdk ada lagi uts langsung ke penilaian akhir semester. 
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
  8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi. 
  9. Remedial diberikan untuk yg kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yg dicantumkan dalam hasil.
Demikianlah kiranya berbagi Informasi mengenai "Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional" Semoga anda bisa mendapatkan pencerahan dan menjadikan gambaran mengenai Kurikulum Nasional ini. Sekian dan Terima Kasih.

Sumber : Facebook.com - Eni Kim - Group : Memahami_kurikulum_2013

File Penting Lainnya

    Semoga Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Berita Pendidikan dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Point Penting Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional"