Struktur Kurikulum MI Simpatika Kemenag

Standar Struktur Kurikulum Madrasah

Sesuai dengan KMA Nomor 207 Tahun 2014 tentang Kurikulum Madrasah, mulai Semester kedua Tahun pelajaran 2014/2015 Kemenag memberlakukan 'kurikulum kombinasi' untuk jenjang MI, MTs, dan MA. Pada mata pelajaran umum tetap kembali menggunakan standar KTSP sedangkan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab tetap menggunakan standar K13 sesuai KMA Nomor 165 Tahun 2014.

Struktur Kurikulum MI Simpatika Kemenag



Struktur kurikulum ini digunakan sebagai dasar konfigurasi sistem di Layanan Simpatika mulai dari Isian Jadwal Kelas, Linieritas Mapel Sertifikasi, hingga SKMT dan SKBK Online.

Struktur Kurikulum MI

Keterangan:
  1. Untuk mapel umum pada tingkat (kelas) rendah MI (I, II, dan III) dapat diampu dengan pendekatan "tematik" maupun "mata pelajaran". Untuk itu, di daftar mata pelajaran di Simpatika disediakan juga mata pelajaran Tematik (PAI). Alokasi per Mapel di kelas I, II, dan III pada tabel di atas (JTM KTSP), disesuaikan
  2. Untuk mapel Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada tingkat (kelas) rendah (I, II, dan III) diampu dengan pendekatan "mata pelajaran"
  3. Untuk kelas atas MI (IV, V, dan VI) menggunakan pendekatan "mata pelajaran" untuk semua mapelnya.
  4. Sesuai dengan KMA Nomor 165 Tahun 2014, mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mulai diajarkan pada kelas III dengan 2 JTM perminggu.
  5. Pengembangan Diri tidak dihitung sebagai mata pelajaran.
  6. Mata pelajaran Muatan Lokal mendapat alokasi 2 JTM perminggu. Jika terdapat mapel Muatan Lokal lainnya (lebih dari 2 JTM), dapat menggunakan prosedur tugas tambahan melalui kegiatan ko-korikuler dan ekstrakurikuler sesuai yang diatur dalam KMA Nomor 103 Tahun 2015.
  7. Total Jam Tatap Muka (JTM) perminggu dalam satu rombongan belajar diperhitungkan dengan penyesuaian sebagaimana berikut: Tingkat 1 : 30 JTM, Tingkat 2 : 30 JTM, Tingkat 3 : 32 JTM, Tingkat 4 : 39 JTM, Tingkat 5 : 39 JTM, Tingkat 6 : 39 JTM.
  8. Terkait penyesuaian "Alokasi JTM Terbaru" pada kelas bawah (1-3), alokasi antar mapel yang dapat dilaksanakan dengan pendekatan tematik dapat dikurangi hingga jumlah JTM sesuai.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Struktur Kurikulum MI Simpatika Kemenag semoga bisa menjadi solusi bagi anda yang masih bingung. Sekian dan Terima Kasih.

File Penting Lainnya

    Semoga Struktur Kurikulum MI Simpatika Kemenag ini merupakan salah satu referensi yang baik dan sesuai dengan harapan anda, bisa digunakan untuk Kemenag, MI, Simpatika Kemenag dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Struktur Kurikulum MI Simpatika Kemenag"