Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Download Gratis dan Lengkap Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 Format PDF Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Konstruksi Baja, Teknik Distribusi Tenaga Listrik, Teknik Furnitur, Teknik Plambing dan Sanitasi, Teknik Survei Pemetaan.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

BerkasSekolah.Com - Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam waktu dekat akan diselenggarakan di hampir seluruh Nusantara dengan sudah dibagikannya Kisi-kisi UKK dari Laman Resmi http://psmk.kemdikbud.go.id yang diikuti Kelas XII sebagai tingkat terakhir di SMK.

Hal ini berkaitan dengan telah berakhirnya kegiatan Prakerin atau Praktek Kerja Lapangan untuk siswa dan siswi SMK. Dengan ini mungkin bisa menjadi Bocoran soal untuk Uji Kompetensi Keahlian supaya nanti bisa dengan mudah melaksanakan praktek pada saat ujian di Sekolah. 

Tentu akan semakin menambah semangat supaya bisa lulus dalam Uji Kompetensi Keahlian dan mendapatkan nilai yang memuaskankan yakni A++.

Supaya makin yakni akan Berita di Edarkanya Kisi-Kisi UKK Tahun Ajar 2017/2018, berikut Kutipan yang ada di Laman Resmi http://psmk.kemdikbud.go.id tentang Kisi-Kisi UKK (Uji Kompetensi Keahlian) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018. Selamat Membaca

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

Ujian Praktik Kejuruan
dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Perangkat ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian.

Secara umum perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri atas :
  • Kisi-kisi Soal/Ujian Teori kejuruan (KST). Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan merupakan konsep, prinsip-prinsip, prosedur, materi,bahan, dan lain-lain yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Teori kejuruan terbuka untuk umum.
  • Soal Teori Kejuruan (STK) adalah berupa soalpilihan ganda dengan 5 opsi jawaban. Soal Teori Kejuruan terdiri dari model Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper-based Test) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer-based Test).
  • Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP). Kisi-kisi soal ujian Praktik Kejuruan merupakan kompetensi utama Standar Kompetensi danKompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Praktik kejuruan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan perangkat ujian praktik kejuruan (Soal Praktik Kejuruan, LembarPedoman Penilaian, dan Instrumen Verifikasi)
  • Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasanbagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa
  • Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah rubrik yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria penilaian.
  • Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal

Download Kisi-Kisi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Adapun dokumen yang dapat diakses secara publik adalah :

Rekomendasi File di Berkas Sekolah :
    Demikianlah berbagi tentang Berkas Sekolah: Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk Kali ini, semoga bermanfaat. Jangan Lupa di Share Melalui Tombol dibawah Ini.