Juknis OSN SD Tahun 2018 dengan Contoh Soalnya

Berkas Sekolah - Berikut ini kami bagikan Juknis OSN SD Tahun 2018 Format PDF Lengkap dengan Contoh Soalnya berikut dengan kunci jawaban sebagai salah satu referensi bagi Guru Kelas yang kebetulan mengirimkan salah satu siswanya sebagai wakil dari sekolah mengikuti ajang bergengsi ini.

Juknis OSN SD Tahun 2018 dengan Contoh Soalnya

Juknis OSN SD Tahun 2018

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan telah menyusun berbagai kebijakan dan strategi, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi siswa SD/MI dan atau yang sederajat tahun 2018.

Pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan tertera bahwa pemerintah melakukan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan/ atau olahraga pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Berdasar pada hal di atas, pemerintah melakukan usaha peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD) untuk memotivasi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk melakukan konsolidasi, koordinasi, dan pembinaan yang lebih baik, sehingga prestasi siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia dapat ditingkatkan.

Olimpiade Sains Nasional Tahun 2018 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Petunjuk teknis olimpiade ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional serta pihak-pihak terkait sehingga pelaksanaanolimpiade dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Latar Belakang OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Olimpiade Sains Nasional tingkat SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat telah dirintis sejak tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. Pelaksanaan OSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif.

Olimpiade Sains Nasional untuk peserta didik SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat Tahun 2018 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Tujuan Umum OSN SD Tahun 2018

Tujuan Umum Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) tahun 2018 diselenggarakan sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan Khusus OSN SD Tahun 2018

  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 
  2. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
  3. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD/ MI dan atau yang sederajat;
  4. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
  5. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Bidang yang dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) Tahun 2018 adalah sebagai berikut:
  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Tema Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) Tahun 2018 adalah:

“Membangun generasi berkarakter, berkualitas, dan kompetitif”

Rambu-rambu Soal Seleksi OSN SD 2018 Tingkat Kabupaten

Soal Matematika
  1. Waktu : 90 Menit
  2. Set soal Matematika ; Sesuai dengan materi Matematika kelas IV, V dan VI dan soal-soal pengembangan lainnya; Memuat soal Matematika berbahasa Inggris (maksimal 2 soal
  3. Soal ; Set 1 - Matematika: 20 soal isian singkat (IS) dan Set 2 - Matematika: 5 soal uraian (UR)
  4. Penilaian ; Nilai total 100, yaitu ; a. Jumlah 20 IS x 3 poin = 60 dan b. Jumlah 5 UR x 8 poin = 40
Soal IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  1. Alokasi Waktu ; 90 Menit
  2.  Set soal Ilmu Pengetahuan Alam : Sesuai dengan materi IPA kelas IV, V, dan VI Memuat soal IPA berbahasa Inggris (maksimal 20% dari banyaknya soal)
  3. Soal ; Set IPA-1 : 40 soal pilihan ganda (PG)
  4. Penilaian ; Nilai total 100, yaitu ; a. Jumlah 40 PG x 2,5 poin = 100

Rambu-rambu Soal Seleksi OSN SD 2018 Tingkat Provinsi

Soal Matematika
  1. Alokasi Waktu ; 90 Menit
  2. Set soal Matematika ; Sesuai dengan materi Matematika kelas IV, V dan VI dan soal-soal pengembangan lainnya;
  3. Soal ; a. Set Matematika 1: 28 soal isian singkat (IS) dengan 5 soal diantaranya berbahasa Inggris dan b. Set Matematika 2: 2 soal uraian (UR) dengan 1 soal diantaranya berbahasa Inggris
  4. Penilaian ; Nilai total 100, yaitu; a. Jumlah 28 IS x 3 poin = 84 dan b. Jumlah 2 UR x 8 poin = 16
Soal Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Alokasi Waktu ; 90 Menit
  2. Set soal Ilmu Pengetahuan Alam :Sesuai dengan materi IPA kelas IV, V, dan VI Memuat soal IPA berbahasa Inggris (maksimal 20% dari banyaknya soal)
  3. Soal : a. Set IPA-1 : 40 soal pilihan ganda (PG) dan b. Set IPA-2 : 10 soal isian singkat (IS)
  4. Penilaian : Nilai total 100, yaitu; a. Jumlah 40 PG x 1,5 poin = 60 dan b. Jumlah 2 UR x 8 poin = 16

SKEMA SELEKSI OSN TK. NASIONAL

SKEMA SELEKSI OSN TK. NASIONAL

Keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional tahun 2018 ditentukan oleh para pemangku kepentingan dalam melaksanakan kegiatan OSN-SD secara tertib, teratur, disiplin, transparan dan penuh tanggungjawab. Oleh sebab itu, semua pihak dapat menjunjung tinggi nilai-nilai di atas dan terlibat aktif mendukung keberhasilan kegiatan OSN mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional.

Preview dan Download Juknis OSN SD Tahun 2018 dengan Contoh Soalnya



Download File :

Posting Komentar