RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua Pembelajaran

Berkas Sekolah - RPP K13 (Kurikulum 2013) Kelas 1 SD/MI Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua Pembelajaran yang terdiri dari 6 Kegiatan. Sebagai Contoh atau Referensi dalam melengkapi serta menyusun Perangkat Pembalajaran atau Administrasi Guru dalam 1 Tahun Pelajaran Format Word [docx atau docs].

Karena dengan disusun nya RPP serta disesuaikan dengan Kurikulum yang digunakan di sekolah yakni Kurikulum 2013 Revisi ini bapak dan Ibu sudah melaksanakan satu pekerjaan penunjang keberhasilan Pembelajaran di Kelas. Karena semua orang mengetahui bahwa dalam RPP ini berisi Rencana yang akan dilaksanakan untuk pembelajaran dengan persiapan seperti Metode Pembelajaran, Teknik Pengajaran, Alat Peraga, Sumber belajar lengkap didalamnya.

RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua Pembelajaran

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi Indikator
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu) 3.7.4 Mengidentifikasi kosakata yang berhubungan dengan siang hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam, dengan tepat
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar 4.7.4 Menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari

Muatan: PPKn
Kompetensi Indikator
1.2 Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 1.2.1 Menganut aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 2.2.1 Mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 3.2.40 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
4.2 Melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 4.2.40 Memeragakan kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah

Muatan: SBdP
Kompetensi Indikator
3.3 Mengenal gerak cepat dan gerak lambat pada sebuah tari 3.3.1 Mengidentifikasi variasi gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
4.3 Memeragakan gerak cepat dan gerak lambat dalam sebuah tari 4.3.1 Memeragakan variasi gerak cepat anggota tubuh dalam suatu tari

MATERI
  • Menyusun kartu huruf melalui permainan.
  • Kegiatan yang sesuai dengan aturan rumah.
  • Gerak cepat pada sebuah tarian.
PENDEKATAN dan METODE
  • Pendekatan : Scientific
  • Strategi : Cooperative Learning
  • Teknik : Example Non Example
  • Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan 15 Menit
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya  sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apa yang tergambar pada sampul buku.
  • Apa judul buku
  • Kira-kira ini menceritakan tentang apa
  • Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
Kegiatan Inti  : 140 Menit
A. Ayo Mengamati
  1. Siswa mengamati gambar dan suasana siang hari yang ditunjukkan oleh guru (guru dapat menggunakan gambar di buku teks atau gambar (video) yang disiapkan secara khusus sebagai media)
  2. Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
  3. Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di siang hari.
  4. Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan siang hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.
  5. Untuk memperkuat pemahaman tentang kosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata.
  6. Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan siang hari.
B. Ayo Berdiskusi

  1. Guru melanjutkan dengan diskusi berkaitan dengan kegiatan siang hari di rumah. Diskusi juga diarahkan untuk membahas aturan-aturan yang harus diikuti saat berada di rumah, khususnya pada siang hari. 
  2. Guru meminta siswa berpasangan.
  3. Bersama pasangan masing-masing siswa diminta mendiskusikan kegitaan-kegiatan pada siang hari sepulang sekolah, yang sesuai dengan aturan di rumah.
  4. Setelah waktu yang diberikan habis, guru memberi kesempatan kepada siswa yang mau menceritakan kepada temannya di depan kelas.

C. Ayo Lakukan

  1. Selesai diskusi guru mengajak siswa bermain sambil melakukan gerak cepat dalam tari.
  2. Guru menggunakan musik yang temponya cepat. Seperti lagu Tarian Ayam (Chicken Dance) yang bisa di lihat di internet.
  3. Siswa diminta memeragakan secara mandiri atau berkelompok.
  4. Setelah semua siswa selesai mencoba memeragakan, guru meminta seluruh kelas melakukan gerakan Tarian Ayam (Chicken Dance).

Kegiatan Penutup : 15 Menit

  1. Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa selama mengikuti kegiatan. Menanyakan apa yang sudah di mengerti dan apa yang belum.
  2. Kalau memungkinkan guru dapat meminta siswa mengisi form self assesment yang biasa disiapkan sebelumnya.
  3. Menyanyikan lagu daerah.
  4. Guru memandu siswa untuk berdoa.

PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Lebih jelas silahkan Lihat dan Download saja Melalui link dibawah ini :

Preview File : RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 1


Download File :
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 1
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 2
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 3
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 4
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 5
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 6

Posting Komentar