Pedoman Lomba Inobel Guru SD Tahun 2018

Berikut ini kami bagikan Pedoman Lomba Inobel Guru SD Tahun 2018 dalam format PDF dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018 Download Gratis.

Pedoman Lomba Inobel Guru SD Tahun 2018

Pendidikan abad 21 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang merniliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif, dan marnpu berkolaborasi dengan orang lain untuk rnenghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dalam memfasilitasi peserta didik memiliki kemampuan tersebut. Dukungan pernerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).

Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pernbelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan basil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien.

Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran ini ditujukan untuk guru dalam tiga bidang, yaitu:
  1. Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Matematika atau Ilmu Pengetahuan Alam (MIP A), menggunakan kode MIP A.
  2. Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Indonesia (IPSBI), menggunakan kode IPSPBI.
  3. Guru Kelas atau Mata Pelajaran yang melakukan inovasi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Pendidikan Agama, dan Muatan Lokal (SORAM), menggunakan kode SORAM.

Tema dan Isi Karya Lomba 

Tema Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018 : "lnovasi Pembelajaran untuk Menjawab Tuntutan Abad ke-21" Adapun isi karya perlombaan inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, model, strategi, metode, teknik, media, dan evaluasi pembelajaran.

Prinsip-prinsip Perlombaan Inobel Guru SD Tahun 2018

Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018 bersifat inovatif, orisinal, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
  1. Inovatif: pembaruan atau penemuan hal-hal barn yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya;
  2.  Orisinal: merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat;
  3. Edukatif: menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan setiap karya yang dihasilkan;
  4. Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru SD secara sehat;
  5. Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
  6. Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;
  7. Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
  8. Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan; dan
  9. Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.

Persyaratan Peserta Inobel Guru SD Tahun 2018

Persyaratan kelengkapan pindaian (scan) yang diunggah pada halaman administrasi:
  1. Bukti Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
  2. Bukti kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan melampirkan pindaian fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleb atasan;
  3. disampaikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota (lihat Lampiran 3);
  4. Bukti surat keterangan tidak sedang dalam tugas belajar yang dibiayai Pemerintah (lihat Lampiran 4)
Persyaratan kelengkapan yang disertakan pada naskah dengan melampirkan pindaian surat pernyataan:
  1. keaslian karya dan belum pernah menjadi Juara/Peringkat I, II, dan III pada perlombaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dalam tiga tahun terakhir (lihat Lampiran 4);
  2. tidak menjadi finalis lomba inobel jenjang SD yang diselenggarakan Kemendikbud dalam kurun waktu satu tahun terakhir (lihat Lampiran 4);
  3. tidak sedang/telah diikutsertakan dalam lomba sejenis di tempat lain baik tingkat nasional maupun internasional (lihat Lampiran 4);
  4. karya inovasi pembelajaran tersebut telah didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah dan dibuktikan dengan dokumentasi dan daftar hadir acara; (lihat Lampiran 4)
  5. karya inovasi pembelajaran tersebut adalah orisinal bukan merupakan hasil plagiat atau re-produksi dari karya inovasi pembelajaran sebelumnya; (lihat Lampiran 4)
  6. karya inovasi pembelajaran bukan merupakan tugas akhir studi, skripsi, tesis, atau disertasi (lihat lampiran 4).

Persyaratan Karya Inobel Guru SD Tahun 2018

Karya yang diikutsertakan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  1. bersifat individual;
  2. satu guru hanya boleh mengajukan satu karya Inobel;
  3. orisinal;
  4. telah diimplementasikan pada proses pembelajaran dan sudah ada hasilnya maksimal 2 ( dua) tahun terakhir;
  5. belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis baik secara nasional maupun internasional; dan
  6. bukan merupakan karya dalam penyelesaian tugas akhir studi, skripsi, tesis, atau disertasi.
Surat pernyataan ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas kertas bermeterai Rp 6.000,00 (enam ribu rupiah). (lihat Lampiran 4).

Persyaratan Naskah Inobel Guru SD Tahun 2018

  1. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018.
  2. Karya lnovasi Pembelajaran yang dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis dalam bentuk hardcopy ke alamat terlampir dan softcopy secara daring dengan laman diunggah secara daring dengan laman http://kesharlindungdikdas.id.
Lebih jelas dan lengkap, silahkan Download saja Pedoman atau Panduan Lomba Inobel Guru SD Tahun 2018 dibawah ini :
Pedoman Lomba Inobel Guru SD Tahun 2018