Website Resmi SBMPTN 2018

Website Resmi SBMPTN 2018 - Untuk Adik-adik SMA/SMK/MA yang mempunyai cita-cita melanjutkan ke jenjang perkuliahan khusus yang ingin mencoba kemampuan masuk ke PTN di Seluruh Indonesia. Alangkah baiknya jika artikel ini dibaca dengan teliti supaya nanti tidak adanya kekeliruan dalam mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN.

Website Resmi SBMPTN 2018

Silahkan Login terlebih dahulu ke Website Resmi SBMPTN 2018

Untuk mengetahui Informasi Umum mengenai SBMPTN 2018 silahkan KLIK DISINI

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Informasi SBMPTN ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2018 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Daftar PTN dan PANLOK SBMPTN 2018

Untuk melihat daftar Pergurung Tinggi yang sudah masuk dan kerja sama dalam menyelenggaran SBMPTN 2018 dibagi menjadi 4 Wilayah di Indonesia dengan Perguruan Tingginya KLIK DISINI

Pendaftaran Online SBMPTN 2018

Untuk Adik-adik SMA, SMK dan MA yang ingin mendaftarkan menjadi calon peserta SBMPTN Tahun 2018 sekarang ini bisa langsung KLIK DISINI

Jadwal Penting SBMPTN

  1. Video Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN dapat diunduh mulai tanggal 29 Maret 2018.
  2. Pendaftaran Online SBMPTN UTBC dibuka mulai tanggal 5 April 2018 sampai dengan tanggal 27 April 2018.
  3. Pendaftaran Online SBMPTN UTBK dibuka mulai tanggal 18 April 2018 sampai dengan tanggal 27 April 2018.  
  4. Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018.
  5. Ujian Keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018.
  6. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id  dan laman mirror di beberapa PTN mulai tanggal 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB

Alur Pendaftaran SBMPTN

Alur Pendaftaran SBMPTN 2018


Informasi Tambahan :
Pendaftaran Bidikmisi 2018 dibuka pada hari Senin tanggal 15 Januari 2018 pukul 15.00 WIB melalui laman http://bidikmisi.belmawa.dikti.go.id
Untuk yang ingin mencoba menjawab soal-soal latihan SBMPTN 2018 bisa KLIK DISINI

Itulah kiranya apa yang bisa Berkas Sekolah sajikan untuk Adik-Adik di SMA, SMK dan MA yang ingin mencoba mendaftarkan dirinya, semoga berhasil dan diterima di PTN yang diinginkan.