Buku Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Kurikulum Nasional

Buku Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Kurikulum Nasional - Sebagai salah satu persiapan penunjang dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di Kelas serta dimasukannya kedalam salah satu Sumber Belajar/ Bahan Ajar didalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) nantinya buku yang kami bagikan ini semoga bermanfaat untuk Guru Mapel di SMK Jurusan Simulasi dan Komunikasi Digital yang sudah menggunakan Kurikulum Nasional atau Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Buku ini berkedudukan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (SIMDIG) pada SMK Kurikulum Nasional. Buku ini juga merupakan buku sumber yang memuat „hampir‟ seluruh informasi yang diperlukan dalam pembentukan pengetahuan dan proses pembentukan keterampilan.

Buku Simulasi dan Komunikasi Digital

Pembelajaran mata pelajaran Simdig dilakukan dengan pendekatan blended learning, siswa membaca terlebih dahulu sebelum setiap pertemuan tatap muka di kelas bersama guru. Karena banyaknya materi, Guru menentukan materi tertentu untuk dibahas dalam pertemuan tatap muka, justru berdasarkan pertanyaan siswa pada materi yang sulit dipahami dan pada materi yang diduga belum pernah dikenal oleh siswa.

Hampir seluruh materi dalam buku ini selalu terkait dengan penggunaan program dan aplikasi. Bahkan pada bagian tertentu, penggunaan aplikasi memerlukan jaringan internet. Di tempat belajar yang tidak memiliki jaringan internet, atau jaringannya kurang bagus, kewajiban siswa mempelajari fitur aplikasi tetap diharapkan dapat terpenuhi. Namun pada saat menggunakannya sebagai bagian praktik siswa, terpaksa hasilnya tidak dapat maksimal.

Jika aplikasi memiliki plug in (aplikasi/perangkat pendukung program utama), plug in tersebut tidak diterangkan pada buku ini, mengingat banyaknya plug in yang ada di pasaran. Penguasaan penggunaan plug in tidak menjadi indikator keberhasilan belajar yang diukur melalui penilaian. Sebagai contoh, plug in untuk kepentingan audio sebagai pelengkap Adobe Premier, tidak dibicarakan dalam buku ini. Guru dan siswa dapat mencari sendiri plug in tersebut dan membahasnya dalam pembelajaran. Penguasaan plug in tersebut bukan bagian dari penilaian kompetensi siswa.

Mata pelajaran ini berlaku untuk semua Bidang Keahlian pada SMK, diajarkan pada tahun pertama (kelas X), tidak dapat diperpanjang pada kelas berikutnya. Mata pelajaran ini menjadi dasar bagi penggunaan komputer dan peralatan TIK lainnya untuk mendukung penguasaan mata pelajaran produktif kejuruan lainnya. Guru dan siswa harus merelasikan penggunaan perangkat TIK dengan mata-mata pelajaran pada bidang keahlian, program keahlian, dan kompetensi keahlian yang dipelajarinya selama di SMK.

Pada program keahlian atau kompetensi keahlian tertentu, Seni Pertunjukan misalnya, mata pelajaran Simdig tidak dimaksudkan mengurangi kompetensi siswa di bidangnya, namun justru digunakan untuk mendukung pencapaian kompetensinya dengan lebih baik. Kompetensi bermain musik yang nantinya didukung juga oleh Mata Pelajaran Komputer Musik, tidak akan terhapuskan dengan adanya Simdig. Penggunaan komputer dan peralatan TIK lainnya akan mendukung pencapaian kompetensi bermain musik, karena pembiasaan penggunaan peralatan TIK dalam Simdig akan mendukung seseorang untuk mengomunikasikan gagasannya. Salah satu tujuan pembelajaran pada Komputer Musik adalah membuat aransemen atau orkestrasi dengan computer, yang sering disebut juga dengan musik digital. Contoh proses membuat aransemen menggunakan musik digital, terlampir pada bagian akhir buku ini.

Adapun Daftar Isi dari Buku Simulasi dan Komunikasi Digital SMK

  • Konsep mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital
  • Mengatasi masalah 
  • Mengomunikasikan gagasan
  • Kemampuan berkomunikasi dan perangkatnya
  • Logika dan Algoritma
  •  Menggali Ide
  • Peta Minda
  • Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata
  • Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Angka
  • Pemanfaatan Perangkat Lunak Presentasi
  • Teknik Presentasi
  • Pemformatan Naskah Digital

Lebih Jelas, silahkan dilihat dahulu preview nya berikut ini :


Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan Buku Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Kurikulum Nasional bisa didapatkan DISINI