Pengertian, Ciri dan Jenis Optical Disk

Zaman Now sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer? Ada 1 bagian penting yang ada didalam komponen sebuat komputer/ notebook yakni Optical Disk. Apakah sudah mengetahui apa itu Optical Disk? Apa Ciri Optical Disk? dan Apa saja jenisnya?? Jika tidak mengetahui kami bantu jelaskan..!!

Pengertian Optical Disc

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan data eksternal yang berkerjasama dengan komputer/ notebook. Optical disc (piringan optik) adalah sebuah perangkat keras yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik bertenaga rendah untuk melakukan proses pembacaan (reading) dan optical disc dan juga pada penulisan (writing) data.

Optical disc dapat menampung data hingga ratusan bahkan ribuan kali daya tampung disket. Piringan optik dapat berupa CD atau DVD. Beberapa drive hanya bisa membaca data pada disk, namun teknologi saat ini memperbolehkan sebuah drive untuk melakukan pembacaan maupun penulisan pada drive.

Ciri-Ciri Optical Disc
  • Menggunakan laser untuk membaca data
  • Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar
  • Dapat membaca dengan cepat
Jenis-Jenis Optical Disc

Teknologi dan jenis-jenis dari optical disc bermacam-macam tergantung dari bahan pembuatannya maupun perkembangan teknologi terbarunya. Ada beberapa Jenis optical disc saat ini, dimulai dari CD, DVD, Blu-ray, hingga saat ini ada yang terharu dan optical disc yaitu FM Disc. Berikut penjelasan jenis-jenis optical disc :

1.Compact Disc (CD)

CD (compact disc) atau laser optical disc merupakan jenis piringan optik generasi pertama kali yang muncul sebelum adanya DVD). Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses CD jauh lebih tinggi dari pada disket. Di pasaran terdapat sedikitnya tiga macam CD berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM,CD-WORM, dan CD-Rewriteable.

Compact Disc (CD)
Gambar : Compact Disc (CD)
  • CD ROM (Compact Disc-Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dan jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data yang cukup besar. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB.
  • CD-WORM (Compact Disc Write Once Read Many) CD-WORM dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai namanya proses merekam hanya dapat dilakukan sekali. Setelah sebuah data direkam, isinya tidak dapat lagi dihapus atau diubah. Di pasaran CD jenis ini Iebih dikenal dengan nama CD-R (compact disc recorable). 
  • CD-RW (Compact Disc Rewriteable) CD-RW memungkinkan data yang sudah direkam dapat dihapus dan diganti dengan data yangbaru. 
  • CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket,namun isinya tidak dapat diubah lagi.
2. DVD (Digital Video Disc)

DVD adalah generasi selanjutnya dan teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1,321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s

DVD (Digital Video Disc)
Sumber : https://id.wikipedia.org/
1) Macam-macam DVD-ROM dilihat dan transfer data

Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan. DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun Iebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki 6 versi, yaitu :
  • DVD-R for General, hanya sekali penulisan 
  • DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan 
  • DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali 
  • DVD-RW, dapat ditulis berulang kali 
  • DVD+RW, dapat ditulis berulang kali 
  • DVD+R, hanya sekali penulisan
2) Kompatibilitas jenis recorder dengan jenis disc

Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc, tetapi memerlukan jenis disc yang berbeda untuk melakukan pembacaan. Kompatibilitas antara jenis recorder dengan jenis disc dapat dilihat pada uraian di bawah ini.
  • DVD unit
  • DVD-RAM unit
  • DVD-R(G) unit
  • DVD+RW unit
  • DVD-R(A) unit
  • DVD-ROM
  • DVD-RW unit 
3) Kemampuan DVD dilihat dari jenisnya

Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya adalah sebagai berikut antara lain:
  • Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
  • Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
  • Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
  • Double-sided, double layer kapasitas 17 GB
3. Blu-ray Disc

Blu-ray merupakan sebuah format optik yang berfungsi untuk menyimpan media digital, temiasuk video berkapasitas tinggi. Teknologi Blu-ray adalah format disc optik yang merupakan perkembangan dan CD dan DVD. Keunggulan dan Blu-ray yaitu pada kapasitas lapisan sided Blu-ray disc, yaitu lebih besar 35 kali dan CD dan lebih besar lima kali dan DVD. Kapasitas Blu-ray disc dual layer memiliki kemampuan menyimpan data sampai dengan 50 GB per keping.

Blu-ray Disc
Sumber : https://id.wikipedia.org/
Selain itu, spesifikasi Blu-ray dalam kecepatan membaca tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan DVD. ini mengarah ke video kualitas tinggi dan audio jernih, hal yang penting dalam aplikasi HDTV.

Teknologi multi-layering telah disesuaikan dengan kemampuan double Blu-ray disc dalam aplikasi standar dan ada versi eksperimental ditampilkan sampai dengan sepuluh kali lipat peningkatan dalam ruarig penyimpanan. Manfaat tambahan Btu-ray player melalui pemutar DVD termasuk konektivitas internet untuk men-download subtitle dan update fitur &built-in Java virtual machine.

Teknologi Blu-ray memanfaatkan sinar laser ungu-biru untuk membaca dan menulis data padadisc optik. Sebuah optik Blu-ray disc mcmiliki kapasitas media penyimpanan data 25 Gb singlelayer.

4. Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc)

Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc) merupakan jenis optical disc yang dapat menampung data berkapasitas 140 GB sekaligus, derigan kecepatan baca data sampai 1 GB per detik. FM Disc berbeda dengan optical disc lainnya yang beredar saat ini. Warnanya tidak keperakan atau keemasan, melainkan bening seperti plastik transparan.

Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc)
Gambar : Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc)
1) Keistimewaan Fluorescent Multilayer Disc

Karena FM disc merupakan teknologi terbaru, maka teknologi ini mempunyai beberapa keistimewaan antara lain sebagai berikut :
  • Multilayer Masing-masing kepingan memiliki lebih dari satu layer atau lapisan. Bahkan lebih dari 10 lapisan sekaligus. Tepatnya adalah 12 lapisan pada FM Disc yang dikembangkan pada tahap awal.
  • Aplikasi Banyak sekali aplikasi yang dapat menggunakan teknologi ini, seperti game, musik, film, dandata pekerjaan. Satu keping FM Disc bisa menampung Iebih dan 10 film DVD
2) Jenis-Jenis FMD

Ada tiga jenis teknologi FM Disc yang telah selesai dikembangkan
  • FM Disc ROM FM Disc ROM banyak digunakan untuk kepentingan produksi, baik film maupun piranti lunak. Kapasitas penyimpanan yang besar membuat kualitas film menjadi lebih baik. Kehadirannya sangat berpengaruh khususnya untuk piranti lunak seperti game console dan piranti lunak lainnya.
  • FM Disc WORM (Write Once Read Many) FM Disc WORM merupakan kepingan yang dapat diisi dengan sendiri. optical disc inilah yang nantinya dipergunakan sebagai media back-up.
  • FM Card atau Clear Card FM Card sebenamya merupakan sebuah FM Disc yang dilapisi oleh bagian luar yang berbentuk kartu kecil. Kepingan yang ada di dalam Clear Card adalah kepingan berdiameter 50 mm, atau 5 cm.

Dapatkan Juga Berkas Administrasi Guru Lainnya dibawah ini yang bisa didapatkan Gratis
Posting Komentar