Struktur dan Arsitektur Mesin Von Neumann (1952)

Struktur Mesin Von Neumann
Struktur Mesin Von Neumann

Struktur Mesin Von Neumann

Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti-ganti,komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur milik Von Neumann,yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann sendiri. Mesin Von Neumann adalah arsitektur komputer yang diciptakan oleh Dr. John von Neumann (1903-1957), seorang ahli matematika kelahiran Budapest Hongaria. Arsitektur ini masih digunakan oleh hampir semua komputer saat ini dan dengan unit sederhana ini sofware yang rumit seperti program pengolah kata dapat dibuat.

John von Neumann (1903-1957)
John von Neumann (1903-1957)
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logika (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, ―bus‖. Seiring dengan berkembangnya jaman saat ini maka pengertian dan rindan arsitektur komputer menjadi sangat beragam.

Organisasi dan arsitektur komputer mempelajari tentang bagaimana struktur komputer dan fungsi masing-masing pembentuk struktur serta mengetahui berbagai arsitektur perancangan sistem komputer untuk mencapai kinerja yang tinggi. Cara kerja komputer secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer

Arsitektur Mesin Van Neumann (1952)

Mesin Van Neumann adalah mesin komputer pertama yang bersifat stored program. Arsitektur pada mesin ini mewakili mesin pertama dan digunakan pada komputer sekarang ini. Jhon von Neumann adalah seorang ahli matematika dan anggota institute of Advance Study di Princenton New Jersey yang bekerja sama dengan H.H Goldstine dan A.W. Binks. Mereka mengajukan suatu makalah yang menyarankan bahwa dalam pembuatan komputer sebaiknya menggunakan bilangan biner. Konsep tersebut pada akhimya menjadi tonggak sejarah dalam terciptanya komputer digital yang akhimya membawa Neumann pada julukan ―promoter of the stored program (software) concept”. Lima bagian utama dan arsitektur tersebut yaitu sebagai berikut ;

  1. Unit input untuk membaca data dan instruksi yang diberikan.
  2. Memori utama terdiri dan 4096 word (satu word memuat 40 bit biner).
  3. Arithmetic Logic Unit(ALU) sebagai bagian yang berfungsi unit pemrosesan.
  4. Control Unit (CU) sebagai pengendali kerja antara komponen arsirektur.
  5. Unit output untuk menampilkan hasil pengolahan data yang di lakukan ALU dan CU

Demikianlah informasi mengenai Struktur dan Arsitektur Mesin Von Neumann (1952) yang menjadi awal inpirasi dan inovasi dalam pengembangan komputer sampai sekarang digunakan manusia. Semoga bermanfaat.
Dapatkan Juga Berkas Administrasi Guru Lainnya dibawah ini yang bisa didapatkan Gratis
Posting Komentar