Struktur dan Fungsi Utama Komputer

Struktur Dasar Komputer

Struktur dasar komputer mempelajari tentang bagaimana cara dari tiap komponen saling berkaitan. Fungsi komputer menjelaskan operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen ada dalam struktur komputer. Ada empat struktur utama di dalam sebuah komputer, yaitu CPU, memori, perangkat input, dan output.

1. Central Processor Unit (CPU)

CPU berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan sebagai pusat kegiatan dan pengolahan. Otak dalam CPU cukup disebut sebagai prosesor. Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen yang merupakan bagian dari struktur CPU.

Struktur dan Fungsi Utama Komputer
image ; google.com

1) Struktur Utama CPU

a) Program Control Unit, bertugas untuk mengontrol operasi CPU secara keseluruhan dan mengontrol operasi CPU sehingga terjadi kesamaan kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggungjawab unit kontrol adalah mengambil instruksi instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

b) Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi pengolahan data komputer. ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini mengerjakan instruksiinstruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya, ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika yang masing-masing memiliki penjelasan tugas tersendiri.

c) Register, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

d) CPU Interconnection, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan busbus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, perangkat input/ output

2. Memori Utama

Memori merupakan media penyimpanan data pada komputer, jenis memori dibagi menjadi dua, yaitu RAM dan ROM.

1) RAM (Random Access Memory)

RAM adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila arus Iistrik mati. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program komputer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, yang tidak begitu vital saat aliran daya terputus. Jenis RAM sangat bervariasi, di antaranya:
  • DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus diperbarui oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.
  • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh jam sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.
  • SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak perlu pembaruan oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memori yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
  • EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
  • DDR (Double Data Rate) tipe RAM yang menggunakan teknologi double clock cycle. DDR sekarang sudah semakin berkembang dengan munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi.
Kedepannya mungkin jenis-jenis RAM akan terus berkembang dengan semakin berkembangnya sistem komputer yang ada saat ini, karena untuk menunjang kebutuhan komputasi yang tinggi dibutuhkan performa komputer yang maksimal.

2) ROM (Read Only Memory)

ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non volatile, artinya data tidak akan terhapus meskipun arus listrik mati. Karena sifatnya yang demikian, maka ROM dipergunakan untuk menyimpan program. Ada beberapa tipe ROM, di antaranya ROM murni, PROM,dan EPROM. PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.

3. Input/Output

Input/Output berfungsi memindahkan data dari/ke lingkungan luar atau perangkat lainnya Sistem komputer membutuhkan perantara I/O.Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara computer dengan piranti di luar sistem dapat menerima data dari komputer dan dapat pula memberi data ke komputer Ada dua macam perantara I/O, yaitu piranti untuk hubungan serial (UART-universal asynchronous receiver-transmitter) dan piranti untuk hubungan paralel (PlO-paralel input output).

1) Perangkat Input dan Cara Kerjanya

Alat input Iangsung adalah alat yang inputnya Iangsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak Iangsung prosesnya melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera),voice recognizer (misalnya mikrofon). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan meaIui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dankey-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau hard disk) sebelum diproses lebih lanjut.

a) Keyboard

Keyboard
Gambar : Keyboard
Keyboard adalah suatu alat input yang memiliki berbagai macam tombol dengan setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam hal ini, fungsi keyboard ini sendiri sangat tergantung dan tombol-tombolnya. Setiap tombol merepresentasikan karakter tertentu.

b) Mouse 

Mouse
gambar : Mouse 
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan perintah ke dalam komputer dengan cara menggesernya.Pergeseran ini menggerakkan pointer

c) Scanner
Scanner
gambar : Scanner 
Scanner adalah suatu alat clektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung kita lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer atau disimpan di memori. Hasil ini dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasil akhirnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file teks, dokumen, atau gambar

d) Mik (Mikrofon)
Mik (Mikrofon)
gambar : Mik (Mikrofon)
Apabila kamera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mik digunakan hanya untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mik tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

e) Pen Input

Pen Input
Pen Input
Pen input adalah jenis perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti pena untuk menulis maupun menggambar. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan para desainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer ketimbang menggunakan mouse. Biasanya terdapat alas/pad sebagai media untuk menulis atau menggambar.

2) Perangkat Output dan Cara Kerjanya

Output merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (kertas), softcopy (monitor atau file), ataupun berupa suara (voice).

Printer

Output yang dihasilkan dan pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu teks, gambar, suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machinereadable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer
  1. Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada mediakeras seperti kertas atau film.
  2. Soft-copy device, merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan gambar pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Output bentuk soft-copy device dapat berupa video display, flat panel, dan speaker.
  3. Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device karena keluarannya berupa sinyal elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil di layar monitor
  4. Proyektor Komputer Berfungsi untuk menampilkan gambar/visual dan hasil pemrosesan data. Hanya saja, proyektor komputer memerlukan objek lain (layar) sebagai media penerima pancaran sinyal gambar yang dipancarkan
Proyektor


Fungsi Utama Komputer

Fungsi utama sistem komputer merupakan operasi dasar dan masing-masing komponen sebagai bagian dan struktur. Pada prinsipnya fungsi utama sistem komputer sangat sederhana. Terdapat empat buah fungsi yang harus beroperasi, antara lain sebagai berikut :

a. Pengolahan Data

Pengolahan data berfungsi mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi.Data yang diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi, ide, objek, dan lain-laintergantung kebutuhan dan pengguna komputer tersebut. Proses pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu perangkat lunak.

b. Penyimpan Data

Fungsi komputer sebagai penyimpan data yang juga berarti untuk mengamankan data sepertidokumen, gambar, video dan lain-lain yang suatu saat nanti data tersebut akan digunakan kembali untuk diolah. Semua data di dalam komputer disimpan dalam sebuah hard disk. Hard disk ini sendiri juga memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda.

c. Pemindahan Data

Fungsi komputer sebagai pemindahan data adalah untuk mengirimkan atau menerima datadari satu komputer ke komputer lainnya agar proses pengolahan data lebih mudah.

d. Kendali

Fungsi komputer sebagai kendali adalah dikerjakan oleh seseorang dengan emasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan mengerjakan sesuai dengan perintah-periniah yang telah diinput oleh manusia. Komputer harus dapat memproses data.

Representasi data tersebut bermacam-macam, tetapi nantinya harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu mekanisme penyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan pada saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya. Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan data, diperlukan antarmuka.

Proses ini dilakukan oleh unit input/output (I/O) dan perangkatnya disebut periferal. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atu dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data. (Heriyanto,dkk, 2014 ,91).
Dapatkan Juga Berkas Administrasi Guru Lainnya dibawah ini yang bisa didapatkan Gratis
Posting Komentar