Buku Siswa Prakarya Kelas 9 Revisi 2018 Kurikulum 2013 PDF

Berikut ini adalah Buku Siswa Prakarya Kelas 9 Revisi 2018 Kurikulum 2013 dalam Format PDF yang bisa di Download/ Unduh Gratis untuk Pegangan Siswa di Sekolah/ Madrasah.

Buku Siswa Prakarya Kelas 9 Revisi 2018 Kurikulum 2013 PDF
Download Buku Prakarya Kelas 9 Revisi 2018 Kurikulum 2013

Buku Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF

Berikut ini kutipan teks dari Isi Buku Pegangan Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 :

Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas IX meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VII ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Untuk membantu siswa memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.

Adapun Daftar Isi dari Buku Teks Pelajaran Pegangan Siswa Prakarya SMP/ MTs Kelas IX (9) Revisi 2018 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :

Kerajinan
Kerajinan dapat dikaitkan dengan kerja tangan yang hasilnya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika, ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada prosedur pembuatannya. Lingkup ini dapat menggali dari potensi lokal dan seni terap (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).

Rekayasa
Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi, dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan masalah. Sebagai contoh: rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan agar susunan rumah tidak mudah runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan, dan hemat serta berpikir prediktif.

Budi Daya
Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja berusaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup agar lebih besar/tumbuh, dan berkembangbiak, bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budi daya ini akan memberikan hidup pada tumbuhan atau hewan, namun dalam bekerja dibutuhkan sistem yang berjalan rutin atau prosedural. Manfaat edukatif teknologi budi daya ini adalah pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi peserta didik yang berpikir sistematis berdasarkan potensi kearifan lokal.

Pengolahan
Pengolahan artinya membuat, menciptakan bahan dasar menjadi benda produk jadi, agar dapat dimanfaatkan. Pada prinsipnya kerja pengolahan adalah mengubah benda mentah menjadi produk jadi pangan yang mempunyai nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifi kasi, sehingga menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian peserta didik adalah pelatihan rasa yang dapat dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan pikiran serta prakarya.

BAB I Kerajinan Berbasis Media Campuran
A. Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran
B. Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
C. Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran

BAB II Dasar-Dasar Elektronika
A. Wawasan Elektronika

B. Sistem Pengendali



BAB III Budi Daya Ikan Hias
A. Komoditas Ikan Hias
B. Sarana dan Peralatan Budi Daya (Pembesaran Ikan Hias)
C. Persiapan Wadah Budi Daya Ikan Hias

BAB IV Pengolahan Bahan Pangan Setengah Jadi dan Produk Samping dari Bahan Perikanan dan Peternakan Menjadi Makanan
A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi
B. Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping

    Download Buku Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF

    Selengkapnya mengenai Isi Materi dan Kelengkapan Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa dilihat dan Di Download/ Unduh melalui link dibawah ini :


    Download File :
    Buku Siswa Prakarya SMP/ MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF
    Itulah kiranya berbagi dan share file Buku Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF pada kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat.

    Dapatkan Juga Berkas Administrasi Guru Lainnya dibawah ini yang bisa didapatkan Gratis
    Posting Komentar