Mekanisme Pelaksanaan Lomba OGN 2019


Olimpiade Guru Nasional merupakan Lomba yang sangat bergengsi bagi semua Guru yang ada di Indonesia, Bukan hanya mengembangkan bakat dalam menulis Karya ilmiah tetapi secara tidak langsung meningkatkan Kualitas Guru di Indonesia baik Dikmen dan Diksus.

Seperti Kutipan yang tertulis dalam Pedoman Olimpiade Guru Nasional (OGN) seperti ini ;
Olimpiade Guru Nasional (OGN) bertujuan memotivasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan mendorong peserta didik berpikir tingkat tinggi. 
Maka dari itu kiranya ini sarana yang cocok untuk membuktikan diri mampu bersaing dengan Guru di Wilayah lain di seluruh Indonesia.

Mekanisme Pelaksanaan OGN

Mekanisme Pelaksanaan OGN
Keterangan :
  1. Peserta mendaftar secara online pada laman www.kesharlindungdikmen.id;
  2. Daftar nama peserta yang mendaftar secara online diserahkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus kepada Dinas Pendidikan Provinsi;
  3. Dinas Pendidikan Provinsi bersama dengan panitia tingkat nasional melaksanakan seleksi tingkat provinsi secara online. Waktu dan tempat tes ditentukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Provinsi;
  4. Berdasarkan ranking nasional, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus menetapkan finalis OGN tingkat nasional tahun 2019;
  5. Pelaksanaan Grand Final OGN direncanakan di Jakarta.

Waktu Pelaksanaan Lomba OGN 2019

Waktu Pelaksanaan Lomba OGN 2019

Pelaksanaan Seleksi Tingkat Provinsi
  • Seleksi tingkat provinsi diselenggarakan melalui tes tertulis online oleh Dinas Pendidikan Provinsi bertempat di provinsi masing-masing.
  • Kegiatan OGN di tingkat provinsi merupakan proses seleksi untuk menentukan peringkat yang akan menjadi calon peserta tingkat nasional.
  • Perangkat soal untuk tingkat provinsi disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.
  • Pengolahan hasil seleksi dan penentuan peringkat tingkat provinsi dilakukan oleh Tim OGN tingkat nasional.
Pelaksanaan Seleksi Tingkat Nasional
  1. Seleksi tingkat nasional diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus di Jakarta pada bulan Mei 2019.
  2. Peserta diseleksi dari pemenang tingkat provinsi yang memenuhi standar nilai yang ditetapkan.
  3. Perangkat seleksi disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.
  4. Pengolahan hasil seleksi dilakukan oleh Panitia.
  5. Penetapan, pengumuman, serta pemberian hadiah dan penghargaan bagi pemenang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadwal Kegiatan OGN 2019

Jadwal Kegiatan OGN 2019

Ketentuan Penulisan Artikel/Gagasan Ilmiah
  1. Artikel/gagasan ilmiah bertema “Menanamkan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran berorientasi HOTS”. Mata pelajaran yang dimaksud sesuai dengan yang diampu dan dibuat secara khusus untuk mengikuti lomba OGN.
  2. Sistematika penulisan sebagai berikut:
    • Pendahuluan yang menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat.
    • Kajian teori yang menguraikan tentang teori-teori yang relevan.
    • Pembahasan yang mengemukakan tentang gagasan/ide penulis dalam upaya memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolah/madrasahnya. Pembahasan tersebut didukung oleh teori dan data yang relevan.
    • Kesimpulan.
  3. Format Penulisan
    • ditulis di atas kertas A4,
    • huruf Times New Roman font 12,
    • penulisan dibuat 1,5 spasi,
    • jumlah halaman sebanyak 20 halaman (diluar cover judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Pustaka dan lampiran-lampiran)
Lebih jelas dan lengkapnya lagi bisa didapatkan semua informasi yang kami uraikan diatas melalui tautan link yang sudah disediakan dibawah ini ;
Mekanisme Pelaksanaan Lomba OGN 2019 UNDUH
Baca Juga

0 Response to "Mekanisme Pelaksanaan Lomba OGN 2019"

Posting Komentar