Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019

Berikut ini kami bagikan Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019 dalam format PDF dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah (DIKMEN) dan Pendidikan Khusus (DKSUS) melalui Dirjen GTK yang bisa di Download Gratis.

Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019

Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019

Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sebagai pendidik profesional, guru dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang cerdas intelektual dan berkualitas karakternya, sehingga memiliki daya saing tinggi dan kompetitif di era globalisasi.

Dalam rangka menyelaraskan kebijakan pembangunan tersebut, maka perlu adanya kegiatan yang dapat menjadi sarana pengembangan kompetensi dan profesionalitas guru, baik pada tataran nasional, regional, maupun internasional. Salah satu kegiatan tersebut adalah pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN). Pelaksanaan OGN diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai sarana untuk pengembangan kompetensi diri melalui pengujian terhadap materi ajar yang diampunya, pengembangan bahan ajar dan/atau media pembelajaran.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019.

Pada kegiatan OGN tahun 2019 ini akan diikuti oleh guru SMA/SMK/SLB yang mengampu mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris; guru SMA/SMK yang mengampu mata pelajaran Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan Bahasa Jepang; serta guru SLB yang mengampu mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus. Pedoman ini disusun sebagai acuan pelaksanaan OGN tingkat provinsi dan nasional yang objektif, transparan, dan akuntabel.

Tujuan Olimpiade Guru Nasional
  1. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru SMA/SMK/SLB;
  2. Meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kinerja guru SMA/SMK/SLB dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  3. Membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah guru SMA/SMK/SLB untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi era global;
  4. Membangun komitmen guru SMA/SMK/SLB untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Harapan Pemerintah diadakannya Kegiatan OGN Tahun 2019 ini diantaranya ;
  1. Terpilihnya pemenang OGN SMA/SMK/SLB mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris di tingkat provinsi dan nasional.
  2. Terpilihnya pemenang OGN SMA/SMK mata pelajaran Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan Bahasa Jepang di tingkat provinsi dan nasional.
  3. Terpilihnya pemenang OGN SLB mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus di tingkat provinsi dan nasional.
  4. Peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru SMA/SMK/SLB mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Bahasa Jepang dan Program Kebutuhan Khusus.
Mata pelajaran yang Dilombakan
  • Matematika : guru SMA/SMK/SLB
  • Bahasa Indonesia : guru SMA/SMK/SLB
  • Bahasa Inggris : guru SMA/SMK/SLB
  • Fisika : guru SMA/SMK
  • Biologi : guru SMA/SMK
  • Ekonomi : guru SMA/SMK
  • Sosiologi : guru SMA/SMK
  • Bahasa Jepang : guru SMA/SMK
  • Program Kebutuhan Khusus : guru SLB

Persyaratan Peserta OGN 2019

1. Persyaratan Administrasi
  • Mendaftar secara online pada laman www.kesharlindungdikmen.id
  • Guru SMA/SMK/SLB Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau bukan PNS (dibuktikan dengan Surat Keputusan sebagai Guru Tetap Yayasan (GTY) ).
  • Memiliki NUPTK dan atau yang belum memiliki NUPTK tercatat di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK Kemdikbud) yang dibuktikan dengan tangkapan layar (screenshot) Dapodik dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
  • Memiliki masa kerja sebagai guru SMA/SMK/SLB secara terus-menerus, sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dibuktikan dengan SK CPNS atau SK Pengangkatan bagi guru bukan PNS.
  • Memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D4.
  • Surat pernyataan sebagai guru yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
  • Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja di luar satuan pendidikan.
  • Belum pernah menjadi finalis pada semua kegiatan lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Subdit Kesharlindung Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus dalam 2 (dua) tahun terakhir (2017-2018).
  • Bidang lomba yang diikuti sesuai dengan tugas yang diampu.
  • Mengirimkan artikel/gagasan ilmiah.
Semua persyaratan administrasi diunggah pada laman www.kesharlindungdikmen.id

2. Persyaratan Akademik

Guru yang unggul dilihat dari kompetensi pedagogik dan profesional:
  • Kompetensi pedagogik, yaitu pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi diri;
  • Kompetensi profesional, yaitu tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metode keilmuannya.

Download Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019

Bagi Bapak/Ibu Guru di SMA/ SMK/ SLB yang ingin mencoba mengikuti Olimpade Guru Nasional Tahun 2019, alangkah baiknya jika pedoman ini dipelajari supaya nanti lebih mudah dalam menyediakan dan menyiapkan semua persyaratan dan aturan yang digunakan dalam kegiatan ini.

Lebih jelas dan lengkapnya lagi, bisa dengan mudah dilihat melalui preview atau langsung saja di download file lengkapnya melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini ;

Preview File : Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019


Download File :
Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019 UNDUH

Dapatkan Juga Berkas Administrasi Guru Lainnya dibawah ini yang bisa didapatkan Gratis

0 Response to "Pedoman OGN (Olimpiade Guru Nasional) 2019"

Posting Komentar