Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)

Berkas Sekolah - Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 atau  Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa jenjang SMA Tahun 2019 format PDF dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud yang akan kami bagikan kali ini secara Gratis.

Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)
Download Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019

Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)

Generasi muda selalu menjadi tumpuan harapan keberlanjutan dan peningkatan taraf hidup masyarakat, karena di tangan merekalah masa depan dirancang dan ditentukan. Di era kini, generasi yang tengah tumbuh berkembang adalah mereka yang termasuk ke dalam angkatan post millennial. Berbeda dengan generasi sebelumnya, para post millennial ini dikenal sebagai orang-orang yang ingin aktif berperan untuk melakukan perubahan, dan terus berupaya untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Karakter yang seperti inilah yang menyebabkan generasi muda selalu tertantang untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang ada di sekitarnya.

Pendidikan Kewirausahaan merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas generasi muda. Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMA memfasilitasi para siswa SMA/MA yang mempunyai minat dan bakat berwirausaha dan memulai usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui kegiatan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI). Fasilitas yang diberikan dalam FIKSI meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan sosial, penyusunan rencana wirausaha (business plan), serta keberlanjutan usaha.

Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 ini  disusun sebagai panduan dan referensi bagi para pihak yang ingin berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan FIKSI 2019 ataupun ingin mengetahui pelaksanaan kegiatan FIKSI secara lebih mendalam.

Generasi Post-Millennial atau kerap juga disebut Generasi Z, iGeneration, Generasi Net atau Generasi Internet, memiliki Karakteristik umum antara lain sebagai berikut:
  1. Fasih Teknologi. Mereka adalah “generasi digital” yang mahir dan gandrung akan teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer. Mereka dapat mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan secara mudah dan cepat, baik untuk kepentingan pendidikan maupun kepentingan hidup kesehariannya.
  2. Peka Sosial. Generasi post millennial sangat intens berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua kalangan, khususnya dengan teman sebaya, baik melalui dunia maya (cyberhood) melalui berbagai situs jejaring, seperti Facebook dan Twitter, maupun melalui interaksi langsung dengan membuat komunitas-komunitas di dunia nyata (neighbourhood). Melalui interaksi dengan kedua saluran cyberhood dan neighbourhood ini, generasi post millennial mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkannya secara spontan. Mereka juga cenderung toleran terhadap perbedaan kultur, mendambakan keadilan, dan sangat peduli pada lingkungan.
  3. Multitasking. Mereka terbiasa melakukan beragam aktivitas dalam satu waktu yang bersamaan. Mereka bisa membaca, berbicara, menonton, atau mendengarkan musik dalam waktu yang bersamaan. Mereka menginginkan segala sesuatunya dapat dilakukan dan berjalan serba cepat. Mereka tidak menginginkan hal-hal yang bertele-tele dan berbelit-belit.
Tujuan di Selenggarakannya Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa (FIKSI) SMA 2019

  1. Membangun semangat dan jiwa kewirausahaan sosial kepada siswa;
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha sosialnya;
  3. Mengaktivasi empati, membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada siswa;
  4. Menumbuhkan generasi wirausahawan muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan;
  5. Membentuk jejaring yang dapat mendukung kegiatan wirausaha sosial, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya;
  6. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan sosial di tingkat SMA/MA;
  7. Menjadi media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausahawan sosial muda kreatif kepada masyarakat.

Tema FIKSI Tahun 2019

Tema Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2019 yaitu:
“SOCIOPRENEURSHIP IN DIGITAL ERA BASED ON LOCAL RESOURCES”
(Kewirausahaan sosial dalam era digital berbasis sumber daya lokal)

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2019 memasuki pelaksanaan kali ke-4 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI 2019 berupaya menekankan pada Bidang Rintisan, yaitu bidang usaha yang telah menghasilkan produk, sebagai lanjutan dari tahap konsep atau gagasan. Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA Indonesia, yang berjiwa Post Milennial. Untuk itu tema FIKSI tahun 2019 mencoba mencakup ide “Kewirausahaan Sosial” yang memanfaatkan dan mengangkat “Sumber Daya Lokal” sebagai sumber daya utama inspirasi wirausaha yang dirintisnya.

Tema ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk siswa SMA, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Prakarya dan Kewirausahaan. Pendidikan Prakarya meliputi kriya, rekayasa, pengolahan dan budidaya. Pada bidang-bidang Industri Kreatif yang dilombakan dalam FIKSI, pemilahan Prakarya ditentukan sebagai berikut :

Itulah kiranya sekilas mengenai Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa (FIKSI) SMA tahun 2019, lebih jelas dan lengkapnya lagi, bisa dilihat previewnya atau langsung saja di Download melalui link yang sudah kami bagikan dibawah ini ;


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;
Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)
Demikianlah Informasi dan berbagi file Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa), kurang dan lebih mohon dimaafkan. Sekian dan Terima Kasih.
Baca Juga

0 Response to "Pedoman FIKSI SMA Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)"

Posting Komentar