Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 PDF

Berkas Sekolah - Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 atau Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2019 dalam format PDF dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas yang akan kami bagikan kali ini secara Gratis dan Lengkap.

Pedoman FLS2N Tahun 2019 PDF
Pedoman FLS2N Tahun 2019 PDF

Sambutan Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019

Penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) pada tahun 2019 ini adalah yang ke-16. Artinya, FLS2N sudah 16 tahun diadakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas kembali menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Telah diputuskan bahwa FLS2N tahun 2019 akan diadakan di Provinsi Lampung. FLS2N diselenggarakan selain untuk memfasilitasi peserta didik agar berprestasi di bidang seni, juga untuk membentuk kepribadian dan karakter yang baik sesuai dengan kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang senantiasa memperhatikan bakat dan minat peserta didik.

Adapun bidang seni yang dilombakan dalam FLS2N tahun 2019 adalah seni pertunjukan dan seni penciptaan. Bidang seni pertunjukan mencakup seni baca puisi, gitar solo, tari kreasi, teater monolog, dan vokal solo sedangkan bidang seni penciptaan mencakup seni cipta puisi, desain poster, film pendek, dan kriya.

Tema besar FLS2N tahun 2019 adalah “Bersama dalam seni.” Dengan tema tersebut, diharapkan terbentuk karakter siswa SMA yang jujur, optimis, dan memiliki semangat kebersamaan yang tinggi dalam mewujudkan bangsa dan negara yang kuat serta berdaulat. Dengan kata lain, melalui berbagai lomba seni, kita satukan dan kukuhkan semangat kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.

Dalam Pedoman FLS2N Tahun 2019 disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan FLS2N sebagai pedoman bagi penyelenggara FLS2N di tingkat daerah dan panduan bagi peserta didik agar dapat berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba seni yang dipilih/diikuti. Akhir kata, semoga penyelenggaraan FLS2N tahun 2019 makin baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk memberikan motivasi dan menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap seni serta budaya di sekolah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas telah memprogramkan sembilan bidang seni di dalam kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang seleksinya dilakukan secara berjenjang di setiap provinsi di Indonesia, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Khusus untuk cabang lomba tertentu, pemenang akan dikirim ke festival seni tingkat internasional.

Tujuan kegiatan FLS2N SMA Tahun 2019
  1. memberikan pengalaman berkompetisi dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dalam keberagaman untuk memberi inspirasi keteladanan dalam mencapai prestasi tertinggi di bidangnya;
  2. membina dan meningkatkan kreativitas dan apresiasi siswa terhadap bidang seni yang berakar pada budaya bangsa;
  3. mempererat persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan karakter, tingkat keterampilan, dan budaya yang berbeda; dan
  4. memberi kontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif.
Bidang Seni yang Dilombakan dan Jumlah Peserta/Provinsi
Bidang Seni yang Dilombakan dan Jumlah Peserta/Provinsi

Syarat Peserta FLS2N SMA Tahun 2019
  1. Warga Negara Indonesia yang bersekolah di Indonesia.
  2. Peserta adalah siswa SMA negeri maupun swasta kelas X atau XI pada tahun pelajaran 2019/2020.
  3. Peserta belum pernah mengikuti kompetisi FLS2N tingkat nasional jenjang SMA di bidang yang sama.
  4. Peserta hanya boleh mengikuti satu bidang lomba.
  5. Peserta adalah juara tingkat provinsi yang dibuktikan dengan Surat Keputusan dari Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing dan sertifikat pemenang seleksi tingkat Provinsi yang ditunjukkan pada saat registrasi.
  6. Peserta sehat jasmani dan rohani.
  7. Peserta bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah.
  8. Peserta bidang seni penciptaan (cipta puisi, desain poster, kriya, dan film pendek) harus menandatangani surat pernyataan keaslian karya (format terlampir) di atas materai Rp 6000. Persyaratan ini juga berlaku untuk bidang seni tari kreasi.
Sistem Seleksi Peserta FLS2N SMA Tahun 2019

Seleksi tingkat provinsi adalah cara untuk menjaring juara FLS2N di tingkat provinsi dan seleksi tingkat provinsi untuk menjadi peserta FLS2N tingkat nasional. Seleksi tingkat provinsi WAJIB dilakukan secara langsung dan/atau secara daring (online). Seleksi tiap bidang hanya bisa dilakukan melalui satu sistem saja: seleksi secara langsung atau seleksi secara daring (online).

Dinas Pendidikan Provinsi WAJIB menentukan jenis seleksi masing-masing bidang (seleksi langsung/seleksi daring) dan melaporkan secara resmi melalui surat kepada Direktorat Pembinaan SMA. Contoh : Provinsi Lampung menyelenggarakan seleksi secara langsung bidang tari kreasi. Provinsi tersebut tidak menyelenggarakan secara daring (online) untuk bidang tari kreasi. Terkait dengan itu, laman pendaftaran lomba secara daring (online) untuk bidang tersebut (tari kreasi) otomatis terkunci. Sebaliknya, bila provinsi Lampung memutuskan untuk menyelenggarakan seleksi bidang tari kreasi secara daring (online), penyelenggaraan seleksi secara langsung untuk bidang tersebut tidak perlu dilakukan.

Bagi Provinsi yang melaksanakan seleksi secara daring (online), juri di tingkat Provinsi yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi akan diberikan kode akses oleh Direktorat PSMA. Kode tersebut digunakan untuk mengakses laman seleksi daring (online) FLS2N dan menilai masing-masing bidang seni yang sudah didaftarkan secara daring (online).

Pemenang dan Penghargaan FLS2N SMA Tahun 2019

Pemenang dan Penghargaan FLS2N SMA Tahun 2019

Penghargaan
  1. Juara I mendapat penghargaan berupa medali emas, piagam penghargaan, dan tabungan sebesar Rp7.000.000,00 setiap orang.
  2. Juara II mendapat penghargaan berupa medali perak, piagam penghargaan, dan tabungan sebesar Rp6.000.000,00 setiap orang.
  3. Juara III mendapat penghargaan berupa medali perunggu, piagam penghargaan, dan tabungan sebesar Rp5.000.000,00 setiap orang.
  4. Sepuluh peserta terbaik mendapat piagam penghargaan sebagai finalis.
Lebih jelas bisa dilihat melalui preview berikut ini ;


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;
 Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 PDF SIMPAN
Itulah kiranya berbagi Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 atau Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2019 dalam format PDF, Semoga bermanfaat.
Baca Juga

0 Response to "Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 PDF"

Posting Komentar