Pedoman LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019

Berkas Sekolah - Untuk adik-adik di SMA yang hobby Debat di Sekolah ataupun di Medsos (Facebook, Twitter, Instagram dll) pastinya tidak akan mendapatkan Reward atau Pengakuan dari Siapaun. Namun jika mencoba mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia (LBDI) Tahun 2019 yang diadakan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah dari Kemdikbud akan sangat bangga sekali terutama orang tua kalian dan mendapatkan hadiah tentunya.

Pedoman LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019

Latar Belakang LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019 - Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan hanya membawa dampak tetapi juga menjadi memberikan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi.

Kompetensi yang dibutuhkan sebagai kompetensi generasi muda masa depan adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, memiliki minat luas mengenai hidup, memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/ minatnya.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan mewadahi peserta didik, dalam hal ini peserta didik SMA, dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain adalah dengan melaksanakan Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-18 Agustus 2019 di Kota Banjarmasin ini bertujuan untuk melatih peserta didik SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang baik.

Buku Panduan ini disusun dengan maksud memberikan gambaran operasional pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kriteria Peserta LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019
  1. Peserta LDBI adalah Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia.
  2. Pendebat adalah peserta didik aktif (kelas X, XI, XII) pada saat seleksi tingkat nasional di SMA/MA Negeri atau Swasta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar.
  3. Satu tim wajib terdiri atas tiga pendebat dan satu Juri N1.
  4. Satu tim debat adalah kumpulan pembicara terbaik yang terseleksi di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi
  5. Juri N1 adalah guru tetap sekolah dari Provinsi asal pendebat.
  6. Pendebat wajib mengikuti seminar Debat
  7. Juri N1 wajib mengikuti seminar Penjurian, akreditasi Penjurian dan proses penjurian selama lomba. Apabila Juri N1 tidak mengikuti kegiatan yang dimaksud, maka tim Provinsi dari juri yang bersangkutan hanya diperbolehkan bertanding di babak penyisihan.
  8. Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apapun. Jika terjadi pergantian anggota tim, maka tim tersebut hanya diperbolehkan untuk tetap bertanding di babak penyisihan. 
  9. Peserta belum pernah menjadi pemenang (Juara Tim 1,2,3,4 / Semifinalis) maupun 15 pembicara terbaik (Best Speakers) dari NSDC dan LDBI tingkat nasional pada tahun sebelumnya.
Penghargaan LDBI tingkat Nasional adalah sebagai berikut :
  1. Penghargaan kategori tim:
    • Piala dan medali emas diberikan kepada Juara 1; Piala dan medali perak diberikan kepada Juara 2; dan Piala dan medali perunggu diberikan kepada Juara 3 (dua tim).
    • Hadiah Tabanas diberikan kepada Juara1,2 & 3 (dua tim)
    • Piala diberikan kepada Tim terbaik Kategori A, Kategori B, Kategori C, Kategori D, dan Tim Favorit.
    • Penghargaan untuk Tim Favorit akan dinilai oleh Tim Direktorat Pembinaan SMA, Kemendikbud berkoordinasi dengan tim juri inti LDBI Nasional.
    • Penghargaan untuk Tim Favorit didasarkan pada disiplin administratif, sportifitas, sikap dan perilaku anggota tim.
  2. Penghargaan kategori individu:
    • Piala diberikan kepada 15 pendebat terbaik dengan kategori sebagai berikut: Medali emas diberikan kepada peringkat 1 sampai 5; Medali perak diberikan kepada peringkat 6 sampai 10; Medali perunggu diberikan kepada peringkat 11 sampai 15.
    • Trofi diberikan kepada peringkat pertama pembicara terbaik dan peringkat pertama Juri N1.
    • Piagam penghargaan diberikan kepada 5 orang Juri N1 terbaik.
  3. Penghargaan di tingkat Sekolah dan Provinsi diberikan oleh masing-masing sekolah dan penyelenggara tingkat Provinsi.
Kriteria Penilaian LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019

Secara individu, penilaian substansi debat berdasarkan pada ketentuan berikut :


Untuk pembicara balasan adalah sebagai berikut:

Jadwal Kegiatan LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019

Penilaian Tim Berdasarkan Pada Perolehan :
  1. Poin kemenangan (Victory points). Poin kemenangan adalah jumlah kemenangan tim di babak penyisihan.
  2. Skor tim. Skor tim merupakan akumulasi skor individu dalam satu babak.
  3. Marjin skor kemenangan. Marjin skor ini merupakan selisih nilai anatara dua tim yang bertanding.
Itulah kiranya beberapa point Penting untuk Adik-Adik di SMA yang akan mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia Tahun 2019, Selengkapnya bisa dilihat melalui preview atau langsung saja dapatkan Gratis melalui link yang sudah kami sediakan dibawah


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;
Pedoman LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019 SIMPAN
 Demikianlah kiranya berbagi file dan informasi mengenai Pedoman LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019 dalam format PDF. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

0 Response to "Pedoman LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) 2019"

Posting Komentar