Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP Kurikulum 2013

Berkas Sekolah - Tahun Pelajaran baru dengan Administrasi yang baru pula. itulah mungkin salah satu kegiatan yang dilakukan Guru sebagai persiapan nanti dalam proses kegiatan belajar mengajar di waktu libur akhir tahun pelajaran.

Kali ini kami bagikan Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kurikulum 2013 Kelas 7, 8 dan 9 dalam format microsoft office word ektensi Docx yang bisa didapatkan secara Gratis yang berisi Prota, Promes, Silabus, RPP, KKM, Soal Latihan, Jurnal, Buku Guru dan kalender Pendidikan. Hal itu merupakan salah satu kepedulian Berkas sekolah dalam menyediakan semua kebutuhan Guru dimanapun berada.

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP Kurtilas

Untuk saat ini banyak sekali yang menjual Perangkat Pembelajaran via media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter ataupun E-commerce seperti Bukalapak, Sopphe, Tokopedia yang menjualnya, namun perlu di ingat bahwa apakah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi? Apakah yang menjual seorang Guru ??

Disini kami hanya membagikan untuk dijadikan contoh atau refensi bagi Bapak/Ibu Guru Mulok Bahasa Sunda di Sekolah yang berada di Provinsi Jawa Barat yang akan menyusun perangkat pembelajaran di tahun pelajaran baru saat ini. Kami dapatkan semua ini dari Rekan kami yang kebetulan mengajar bahasa dan sastra sunda di SMP wilayah garut jawa Barat.

Semua file dalam bentuk Word, supaya lebih mudah dalam proses Cetak dokumen dan disimpan di google drive supaya mudah di download serta aman untuk disimpan di laptop, notebook, flasdisk atau smartphone anda.

1. Program Tahunan

Program tahunan yaitu sebuah perencanaan untuk menetapkan waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada didalam sebuah kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh peserta didik. Dalam menyusun ini diharuskan dengan melihat Kalender Pendidikan supaya nanti jelas akan perhitungan Jumlah Jam Efektif setiap Mata Pelajaran dalam 1 tahun pelajaran.

2. Program Semester

Program Semester adalah pengajaran yang harus dicapai selama satu semester atau 6 bulan, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Promes ini merupakan pengembangan dari Prota dengan menerapkan semua jumlah jam efektif di setiap minggunya baik di semester 1 ataupun semester 2.

3. Silabus

Silabus merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar pendidik yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu, Komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti/Standar Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator untuk Kompetensi, materi pembelajaran, waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan. Manfaat yang dapat dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus adalah :
  • Bermanfaat sebagai hal yang utama yang menjadi sumber acuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Pendidik lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan dituangkan ke dalam RPP.
  • Pendidik lebih mudah dalam memetakan indikator-indikator pencapaian belajar yang harus dicapai oleh siswa.
  • Pendidik lebih mudah dalam merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indikator yang ingin dicapai.
  • Sebagai pelengkap Perangkat Pembalajaran dalam 1 tahun pelajaran
4. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP adalah hal wajib yang harus dipegang pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran. RPP merupakan perangkat yang berisi prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu atau beberapa kompetensi dasar. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup satu atau beberapa kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar.

5. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Kriteria Ketuntasan Minimal adalah Kriteria yang paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. Pendidik dalam menetapkan KKM harus mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik.

6. Kalender Pendidikan

Dengan ini Bapak dan Ibu akan lebih mudah membuat Program Tahunan, Program Semester dan Menghitung jumlah minggu efektif untuk beban kerja setiap mata pelajaran.

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 7, 8, 9 SMP K13

Khusus untuk Bapak dan Ibu yang kebetulan mengajar Mata Pelajaran Bahasa Sunda, bila membutuhkan semua filenya, kami sertakan link yang bisa di Download mudah melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :

SK-KD Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 7 8 9 Download

Pemetaan Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 7 8 9 Download

Prota (Program Tahunan) Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 7 8 9 Download

Promes (Program Semester) Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 7 8 9 Download

KKM Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 7 Kurikulum 2013 Unduh DISINI

Silabus Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 7 Kurikulum 2013 Unduh DISINI

Silabus Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 8 Kurikulum 2013 Unduh DISINI

Silabus Bahasa Sunda SMP/MTs Kls 9 Kurikulum 2013 Unduh DISINI

Link Download RPP Bahasa Sunda Kls 7 Kurikulum 2013 Semester 1 UNDUH DISINI

Link Download RPP Bahasa Sunda Kls 7 Kurikulum 2013 Semester 2 UNDUH DISINI

Link Download RPP Bahasa Sunda Kls 8 Kurikulum 2013 Semester 1 UNDUH DISINI

Link Download RPP Bahasa Sunda Kls 8 Kurikulum 2013 Semester 2 UNDUH DISINI

Link Download RPP Bahasa Sunda Kls 9 Kurikulum 2013 Semester 1 UNDUH DISINI

Link Download RPP Bahasa Sunda Kls 9 Kurikulum 2013 Semester 2 UNDUH DISINI

Buku Pegangan Guru Bahasa Sunda SMP Kurikulum 2013 Lihat DISINI

Itulah kiranya berbagi Infomasi dan file mengenai Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP Kurikulum 2013 kelas 7, 8 dan 9 yang bsia kami bagikan kali ini khusus Bapak dan Ibu Guru Mulok yang ada di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel