Perangkat Pembelajaran Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013

Berkas Sekolah - Menjelang persiapan Tahun Pelajaran Baru 2019/ 2020/ 2021 dan seterunya, Banyak sekali Administrasi yang harus dibuat Guru sebagai sarana penunjang kelengkapan Administrasi untuk 1 tahun Pelajaran. Salah satunya yakni Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 yang berisi Prota, Promes, Silabus, RPP, KKM, Jurnal Harian Guru dan Siswa, Kalender Pendidikan, dan banyak lagi yang lainnya.

Kali ini kami fokus ke Perangkat Pembelajaran Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013 (Prota, Promes, Silabus, RPP, KKM, Jurnal Harian Guru dan Siswa) karena memang ini yang paling penting berkaitan dengan pelaksanaan KBM di dalam kelas serta menjadi tugas pokok dan fungsi sebagai tenaga pendidik.

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013
Download Perangkat Pembelajaran Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran ataus sering disebut dengan Administrasi Guru tentu haruslah dibuat, itu sebagai ciri Guru yang penuh tanggung jawab dan profesional dalam pekerjaan. Sekarang ini banyak sekali yang menjual via media sosial ataupun tempat jualan seperti Bukalapak, Sopphe, Tokopedia yang menjualnya, namun perlu di ingat bahwa apakah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi (adanya Integrasi PPK, HOts, 4C dan Literasi)? Apakah yang menjual seorang Guru Kelas??

Pertanyaan itu bisa kami jawab dengan membagikan Perangkat Pembelajaran SD/MI kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2019. Dimana ini kami dapatkan dari Guru SDN 1 Cikelet dan sudah diterapkan di sekolah.

Sebelum menuju link Download simak dahulu apa saja yang harus dibuat Guru SD/MI di awal tahun pelajaran.

1. Program Tahunan

Program tahunan yaitu sebuah perencanaan untuk menetapkan waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada didalam sebuah kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh peserta didik. Dalam menyusun ini diharuskan dengan melihat Kalender Pendidikan supaya nanti jelas akan perhitungan Jumlah Jam Efektif setiap Mata Pelajaran dalam 1 tahun pelajaran.

2. Program Semester

Program Semester adalah pengajaran yang harus dicapai selama satu semester atau 6 bulan, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Promes ini merupakan pengembangan dari Prota dengan menerapkan semua jumlah jam efektif di setiap minggunya baik di semester 1 ataupun semester 2.

3. Silabus

Silabus merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar pendidik yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu, Komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti/Standar Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator untuk Kompetensi, materi pembelajaran, waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan. Manfaat yang dapat dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus adalah :
  • Bermanfaat sebagai hal yang utama yang menjadi sumber acuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Pendidik lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan dituangkan ke dalam RPP.
  • Pendidik lebih mudah dalam memetakan indikator-indikator pencapaian belajar yang harus dicapai oleh siswa.
  • Pendidik lebih mudah dalam merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indikator yang ingin dicapai.
  • Sebagai pelengkap Perangkat Pembalajaran dalam 1 tahun pelajaran
4. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP adalah hal wajib yang harus dipegang pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran. RPP merupakan perangkat yang berisi prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu atau beberapa kompetensi dasar. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup satu atau beberapa kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar.

5. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Kriteria Ketuntasan Minimal adalah Kriteria yang paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. Pendidik dalam menetapkan KKM harus mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik.

6. Jurnal Harian Siswa/ Guru

Administrasi Penunjang membantu memudahkan Guru dalam merancang bentuk penilaian dari setiap Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti yang dilengkapi dengan Materi Pelajaran dan KKM.

Itulah kiranya beberapa Perangkat Pembelajaran/ Adminsitrasi yang harus dibuat di awal tahun pelajaran.

Download Perangkat Pembelajaran Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013

Selengkapnya mengenai Perangkat Pembelajaran SD/MI kurikulum 2013 Kelas IV Semester 1 dan 2 yang dibagikan kali ini bisa dengan mudah didapatkan masing-masing filenya melalui link yang sudah kami siapkan dibawah ini ;

Program Tahunan Kelas 4 Revisi 2017 Lihat DISINI 

Analisis Program Semester 1 Kelas 4 Revisi 2017 Lihat DISINI 

Program Semester 1 Kelas 4 Revisi 2017 Lihat DISINI 

RPP dan Silabus Tema 1 Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI 

RPP dan Silabus Tema 2 Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI 

RPP dan Silabus Tema 3 Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI 

RPP dan Silabus Tema 4 Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI 

RPP dan Silabus Tema 5 Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI 

RPP dan Silabus Matematika Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI 

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2 Lihat DISINI

KKM Semester 1 Kelas 4 Revisi 2017 Lihat DISINI 

Jurnal Harian Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI 

Pemetaan KKM Kelas 4 Semester 1 Revisi 2017 Lihat DISINI

Link Download Kalender Pendidikan Tahun 2019/2020 Semua Provinsi LIHAT DISINI

Link Download LKS SD Kelas 2 Kurikulum 2013 LIHAT DISINI

Itulah kiranya berbagi Informasi dan file Perangkat Pembelajaran Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013 pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk Bapak dan Ibu dimanapun berada. *) apabila ada error link, saran atau kritik membangun, silahkan sematkan di kolom komentar.
Baca Juga