Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF

Berikut ini adalah berkas Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud yang bisa didapatkan Gratis.



Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF

Sekolah Menengah Atas adalah jenjang pendidikan menengah yang dirancang untuk menyiapkan peserta didik melanjutkan ke pendidikan tinggi. Namun pada ke- nyataannya tidak semua lulusan Sekolah Menengah Atas melanjutkan ke pendidikan tinggi, dan tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk menghadapi tantangan hidup di masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam berwirausaha. Penyebabnya adalah pola pikir yang berorientasi menjadi pegawai atau pencari kerja yang harus diubah menjadi wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan kerja. Perilaku tersebut sangat diperlukan dalam meng- hadapi berbagai perkembangan, tantangan, dan persaingan dalam era globalisasi.

Struktur Kurikulum 2013 SMA memuat mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang memberikan pemahaman dasar tentang kemampuan berwirausaha kepada peserta didik. Melalui pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan peserta didik dapat mempelajari teori dan nilai-nilai kewirausahaan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata melalui praktik, baik yang terintegrasi dalam mata pelajaran maupun yang dilaksanakan diluar mata pelajaran atau kegiatan ekstrakurikuler. Oleh sebab itu Pemerintah mencanangkan program Kewirausahaan di SMA yang diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk menjadi kreatif dan mandiri, serta mulai tergerak dan berani membuka usaha sendiri.

Tujuan Program Kewirausahaan di SMA 

Program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang, dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.

Selanjutnya program Kewirausahaan di SMA adalah sekolah yang diharapkan dapat berperan dalam mengembangkan dan membudayakan nilai-nilai kewirausahaan dengan tujuan antara lain:

  1. Meningkatkan daya inisiatif sekolah untuk mengembangkan program kewirausahaan;
  2. Memperkuat pendidikan karakter peserta didik melalui program kewirausahaan di SMA;
  3. Memperkuat aspek kreatifitas dan literasi dalam ber wirausaha
  4. Mendorong sekolah untuk mengembangkan pribadi peserta didik yang memiliki karakter wirausaha.
  5. Mengoptimalkan pendayagunaan potensi sumberdaya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan kewirausahaan;
  6. Mendorong sekolah untuk menjalin kemitraan dengan ekosistem ABCGM dalam mengembangkan program kewirausahaan.
  7. Mengembangkan praktik-praktik terbaik penyelenggaraan program kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang dapat dirujuk sekolah lain;

Hasil Yang Diharapkan dari Kegiatan Program Kewirausahaan di SMA

Program Kewirausahaan di SMA diharapkan terbentuk lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan agar:

  1. Terbentuknya jiwa-jiwa entrepreneur pada peserta didik;
  2. Kreativitas dan literasi dalam ber wirausaha meningkat;
  3. Daya inisiatif sekolah untuk mengembangkan program kewirausahaan meningkat;
  4. Pendayagunaan potensi sumberdaya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat meningkat secara optimal;
  5. Kemitraan dengan ekosistem ABCGM terjalin dalam mengembangkan program kewirausahaan terjalin.
  6. Terbentuknya praktik-praktik terbaik (best practices) penyelenggaraan program kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang dapat dirujuk sekolah lain;

Program kewirausahaan di SMA adalah sebuah upaya nyata dalam rangka penanaman nilai-nilai kewirausahaan dan peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA dengan tujuan agar peserta didik memiliki karakter wirausaha kreatif, memahami konsep kewirausahaan, mampu melihat peluang, mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha serta terbentuknya lingkungan sekolah sebagai lingkungan belajar yang berwawasan kewirausahaan.

Kewirausahan di SMA bukan program yang terimplementasi sesaat saja, tetapi merupakan kegiatan yang berkelanjutan untuk dapat menghasilkan pribadi berpola pikir kewirausahaan. Untuk itu diperlukan pengelolaan dan pembinaan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengembangan program tersebut oleh seluruh komponen sesuai tugas, fungsi dan peran masing-masing. Keberhasilan program kewirausahaan dibangun oleh kinerja semua komponen sekolah yang sinergi antara komponen satu dengan komponen lainnya.

Kewirausahaan di SMA merupakan program untuk meningkatkan kreatifitas, menjadi pribadi problem solver, mengenal konsep kewirausahaan, latihan mengembangkan usaha, mendapatkan pengalaman praktis berwirausaha, menumbuhkan minat berwirausaha dan mengembangkan potensi berwirausaha. Oleh karena itu program kewirausahaan di SMA harus menjadi alternatif dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengelola peluang usaha serta mampu menyesuaikan diri agar berhasil dalam kehidupan bermasyarakat serta memiliki kemampuan untuk menghadapi persaingan global.

Program pembinaan SMA penerima dana bantuan program Kewirausahaan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan sekolah. Oleh karena itu diharapkan setiap unsur dapat berperan serta seoptimal mungkin melalui berbagai upaya, seperti dukungan kebijakan, anggaran, dan komitmen peningkatan mutu mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Hal lain yang menjadi pembeda dengan SMA lainnya adalah tumbuh dan berkembangnya praktik-praktik baik, kreativitas, dan inovasi dibidang kewirausahaan yang menjadi unggulan dan kebanggaan sekolah. Disamping itu SMA penerima dana bantuan program Kewirausahaan juga sebagai pionir pelaksanaan kebijakan pendidikan vokasi di SMA.

Pengembangan program kewirausahaan di SMA yang dilakukan Direktorat Pembinaan SMA diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan Provinsi secara intensif dengan harapan dapat dijadikan benchmark bagi sekolah lain dalam pengembangan matapelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Keberhasilan pelaksanaan SMA penerima dana bantuan program Kewirausahaan sangat ditentukan oleh keaktifan sekolah dalam melaksanakan dan mengembangkan inovasi-inovasi baru di bidang kewirausahaan untuk meningkatkan mutu lulusan yang pandai memanfaatkan peluang dan berani menanggung risiko serta menumbuhkan wirausahawan muda yang kreatif dan mandiri.

Download Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas dari Pedoman Program Kewirausahaan SMA format PDF ini bisa dilihat atau langsung di Download melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :

Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF


Download File :
Download Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF
Sumber: https://psma.kemdikbud.go.id

Itulah kiranya berbagi Informasi dan File mengenai Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di Sekolah Bapak dan Ibu sekalian. Terima Kasih.
Baca Juga

0 Response to "Pedoman Program Kewirausahaan SMA PDF"

Posting Komentar