Silabus Bahasa Lampung SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

BerkasSekolah.com - Saat ini sudah memasuki tahun pelajaran baru 2019/2020 dan masih dalam suasana libur akhir tahun pelajaran. Dalam menghadapi Tahun pelajaran yang baru itu Guru diharuskan menyusun perangkat pembelajaran atau Adminsitrasi sebagai salah satu tugas dan fungsi sebagai tenaga pendidik selain memberikan pelajaran didalam kelas.

Yang paling penting yakni dibuatnya perangkat pembelajaran baik itu Kalender Akademik, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, RPP, KKM, Jurnal Guru dan Siswa, Absensi, Agenda Harian dan banyak lagi yang lainnya.

Kali ini kami bagikan salah satunya yakni Silabus Bahasa dan Sastra Lampung jenjang SD kelas 1, 2, 3, 4 ,5 dan 6 yang termasuk kedalam Muatan Lokal Bahasa Daerah khusus wilayah Lampung yang sudah disahkan melalui Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39 Taun 2014.  Silabus ini  juga nantinya akan memudahkan Bapak dan Ibu Guru dalam menyusun RPP Bahasa Lampung Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6.

Silabus Bahasa Lampung SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Sekilas Penjelasan Mengenai Isi dari Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39 Taun 2014

PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR: 39 TAHUN 2014 TENTANG MATA PELAJARAN BAHASA DAN AKSARA LAMPUNG SEBAGAl MUATAN LOKAL WAJIB PADA JENJANG SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH


  1. Bahasa Lampung adalah bahasa Lampung yang disesuaikan dengan variasi keadatannya yang digunakan sehari-hari sebagai sarana komunikasi dan interaksi antar anggota masyarakat dari suku-suku atau kelompok-kelompok etnis didaerah-daerah dalam wilayah Provinsi Lampung;
  2. Aksara Lampung adalah aksara Lampung (ka-ga-nga) yaitu sistem ortografi hasil masyarakat daerah yang meliputi aksara dan sistem pengaksaraan untuk melambangkan bahasa.

Pasal 2 
Mata Pelajaran Bahasa dan Aksara Lampung sebagai muatan lokal wajib pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah bertujuan untuk:

  1. Memantapkan keberadaan dan kesinambungan penggunaan bahasa dan aksara Lampung, sehingga menjadi faktor pendukung bagi tumbuhnyajati diri dan kebanggaan daerah;
  2. Memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa dan aksara Lampung;
  3. Melindungi, mengembangkan, memberdayakan dan memanfaatkan bahasa dan aksara Lampung sebagai unsur utama kebudayaan daerah; dan
  4. Meningkatkan mutu penggunaan potensi bahasa dan aksara Lampung melalui pembelajaran pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pasal 4
Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal wajib Bahasa dan Aksara Lampung sebagaimana dimaksud pada pasal 3 meliputi :

  1. Jenjang Pendidikan Dasar terdiri dari Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Luar Biasa/Paket A dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Pertama Luar Biasa/Paket B; dan
  2. Jenjang Pendidikan Menengah terdiri dari Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejur-uany Madrasah Aliyah Kcjuruan/Sekolah Menengah Atas Luar Biaaa/ Paket C.

Dengan kompetensi inti, kompetensi dasar dan standar kelulusan mata pelajaran Bahasa dan Aksara Lampung ini, selaras dengan alasan pengembangan Kurikulum 2013, diharapkan peserta didik memiliki:

  1. Kemampuan berkomunikasi;
  2. Kemampuan berpikir jernih dan kritis;
  3. Kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan;
  4. Kemampuan menjadi warga negara yang bertanggung jawab;
  5. Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleransi terhadap pandangan yang berbeda;
  6. Kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal;
  7. Minat yang luas dalam kehidupan;
  8. Kesiapan untuk bekerja;
  9. Kecerdasan sesuai bakat dan minatnya;
  10. Rasa tanggungjawab terhadap lingkungan; dan
  11. Memiliki budaya dan karakter bangsa Indonesia.

Dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39 Tahun 2014 ini yang menjadi Dasar diberlakukannya Muatan Lokal Bahasa Daerah Lampung serta Silabus Bahasa Lampung SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6.

Download Silabus Bahasa Lampung SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Bagi Bapak dan Ibu khusus Guru Bahasa Lampung di Sekolah Dasar yang berada di Wilayah Provinsi Lampung yang membutuhkan Silabus ini, bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link yang sudah kami sediakan masing-masing kelas dibawah ini ;

Link Download Peraturan Gubernur Lampung nomor 39 tahun 2014 UNDUH

Link Download Silabus Bahasa Daerah Lampung kelas I semester 2 UNDUH

Link Download Silabus Bahasa Daerah Lampung kelas II semester 2 UNDUH

Link Download Silabus Bahasa Daerah Lampung kelas III semester 2 UNDUH

Link Download Silabus Bahasa Daerah Lampung kelas IV semester 2 UNDUH

Link Download Silabus Bahasa Daerah Lampung kelas V semester 2 UNDUH

Link Download Silabus Bahasa Daerah Lampung kelas VI semester 2 UNDUH
Itulah kiranya berbagi Informasi dan file Silabus Bahasa Lampung SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6. Semoga bisa membantu dalam melengkapi perangkat pembelajaran atau Administrasi Guru dalam 1 tahun.
Baca Juga

0 Response to "Silabus Bahasa Lampung SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6"

Posting Komentar