Solusi Anak yang Senang Merokok di Sekolah dan Dirumah

Solusi Anak yang Senang Merokok di Sekolah dan Dirumah

Solusi Anak yang Senang Merokok

Berkas Sekolah - Tepat di Hari memperingati HUT-RI Ke 74 tanggal 17 Agustus 2019 postingan ini diangkat saudara Muhammad Sanusi di Grup ABKIN (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia) dimana Grup ini salah satu Grup Sharing dan Berbagi Ilmu Khusus Bapak/Ibu Konselor/ Konseling di Sekolah. Berikut ini beberapa Komentar yang diberikan Anggota ABKIN berkaitan dengan "Solusi Anak yang Senang Merokok di Sekolah dan Dirumah" yang mungkin berbeda cara penanganannya. 


Saya serahkan ke orang tuanya pak, Orang tuanya harus d kasih ketegasan plus wawasan kalau anak usia sekolah belum boleh merokok, Di sekolah saya cara itu sudah cukup efektif untuk saat ini Dan anaknya juga kita kasih ketegasan dan wawasan juga.

2. Agung Dwi Nugroho Solusinya untuk di sekolah
  1. Surat Peringatan 1 + paggil ortu
  2. Surat Peringatan 2 + panggil ortu
  3. Surat peringatan 3 + panggi ortu + bwt surat pernyataan + skorsing
  4. Kembalikan ke ortu
  5. Buat di rumah itu tanggung jawab ortu. 👍
3. Anang Susilowanto : Guru jadi teladan,asal jgn ada guru merokok di sekolah siswa akan mudah dikendalikn tuk tidak merokok di sekolah

4. Imron April Yani Maaf usulan .... : Bapak anak tsb di minta utk berhenti merokok juga guru² anak tsb yg merokok diminta utk menghentikan merokok juga baik disekolah atau di rumah.....InsyaaAlloh lbh efektif.. dan Anak butuh contoh tauladan kongkrit...bukan hanya teori

5. Syihabudin Alfatari : Mulai dari lingkungan.. Bisa pada teman bermain, ortu, dan sekolah.. Di kompakan.. Melalui pembinaan.. Bimbingan klasikan dan bimbingan kelompok.. 
Bisa disertai bimbingan karir.. Yg mengarahkan siswa untuk perencaan masa depan serta ekskul di dalamnya

6. Mey F. MaLaimakuni Kalo di sekolah, mngqn terlebih dulu kita cari tau penyebabnya, dan dengan siapa siswa trsbt sering merokok. Barulah kita panggl siswa yg bersngkutan untuk memberi pemahan, dan kalo bisa kita libatkan org tua. Krna kegemarnnya merokok di skolah dan rumah.

7. Windy Garini Klo orangtua perokok, guru ada yg merokok di sekolah dan kawan2 perokok.. Lengkap faktor pendukung dia jadi perokok..


- Disekolah gurunya ada yg ngerokok gk? 
- Sya dlu ada, guru ngerokok didlm kelas, saya tegur dikelas, bpknya ngeles, mlh bilang rokok itu hanya blh dinikmati org2 sukses, dll.. 
- Waktu itu tahun 2007, sy kls 3 smp. 
- Nah, bgmn dgn skrg?
- Ortu dirumah ngerokok gk? Gimna pun jg ortu adlh panutan utama anak.
- Lingkungan, dgn siapa dia berteman dll..
- Ketegasan peraturan sekolah..

9. Vesti Fresdiyati : Berikan ketegasan bhw di sklh tidak boleh merokok, jd kalo diam2 merokok dan ketauan lsg beri sanksi, berawal dr situ dulu, sambil anaknya didekati, diajak bicara ttg hal ini (konseling)

10. Syekh Konseling : Yang pertama kita intervew dulu siswanya kenapa meroko? Kalu kita sdh mengetahui alasan dan sebab dia merokok, baru kita berikan tritment yg tpat contohnya diberikan pemahaman tentang perturan sekolah mengenai hal tersebut, dan berikan pemahaman mengenai bahaya merokok dan enaknya tidak merokok, sehingga nnty siswa tersbt sedikit berfikir untuk berhenti merokok dan itu peluang kita untuk mengsugestikan siswa supaya memilih berhenti merokok entah menggunakan rileksasi atau terapy jika sudh kejanduan..

11. Akur Sudianto : Saya perokok...ttp tdk pernah merokok ktk masuk kelas....awalnya saya buatkan materi layanan klasikal ttg rokok...lalu saya kaitkan dg aturan sekolah ttg larangan merokok dan sangsinya. Sekolah menjadi tertib hanya ditentukan 2 hal...kejelasan aturan dan ketegasan aparat sekolah.

Balasan Fairus Bashay kepada Akur Sudianto kalu sudah ada peraturan jelas disekolah ada larangan merokok berarti sudah jelas kan ada sangsinya dri sekolah 
Merokok dirumah nah kita bisa undang ortunya kesekolah karena besar kemungkinan ortu memperbolehkan nah ini masalahnya.

Akur Sudianto Kepada Fairus Bashay saya memiliki komitmen dg anak2...jng merokok d sekolah dan jangan pakai seragam jk merokok...jika perlu ...ketemu saya...sama2 merokok

Balasan Fairus Bashay  kepada Pak Akur Sudianto mantapppp pak akur

Akur Sudianto : Ada satu kasus ttg anak yg merokok...saya minta ijin k ortunya utk membelikan rokok ktk dia bljar d rumah...dg santainya ia merokok sambil belajar...tdk sembunyi sembunyi...keluar rumah...menghindari belajar...kebetulan hasilnya tambah baik

Disini mungkin sudah banyak interaksi dari Anggota ABKIN mengenai Solusi Anak yang senang merokok di sekolah dan di rumah yang pastinya sangat bermanfaat dan bisa disimpulkan bahwa untuk kasus seperti ini bukan hanya menjadi tugas Guru BP/BK/ Konselor Sekolah tetapi ada juga tugas wali kelas untuk pendekatan kesetiap siswa. Pendekatan ke Orang Tua Siswa, Penegasan Kembali Aturan di Sekolah/ Madrasah mengenai tata Tertib Peserta Didik, memberi tahu Bahaya ROKOK dan lain sebagainya.

Untuk bapak/Ibu Pengunjung Berkas Sekolah khusus Guru BP/BK bisa di Add Facebook setiap komentar diatas atau Grup ABKIN supaya lebih banyak Informasi dan Sharing pengalaman dalam menangani Siswa di Sekolah.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Bahaya merokok bagi perokok itu sendiri

Kanker : Merokok menyebabkan sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru. Kebiasaan yang satu ini juga menyebabkan kanker di berbagai bagian tubuh lainnya. Misalnya mulut, bibir, tenggorokan, laring, esofagus (kerongkongan), kandung kemih, ginjal, hati, dan pankreas.

Masalah jantung : Merokok juga bisa merusak jantung dan sirkulasi darah Anda, sehingga meningkatkan risiko Anda memiliki beberapa penyakit seperti:
  • penyakit jantung koroner
  • serangan jantung
  • stroke
  • penyakit vaskular perifer (pembuluh darah yang rusak)
  • penyakit serebrovaskular (arteri yang rusak, yang memasok darah ke otak)
Masalah paru-paru : Merokok juga tentu dapat memengaruhi kesehatan paru-paru Anda. Merokok dapat menyebabkan kondisi seperti:
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), yang mengurangi pasokan oksigen ke darah karena terblokirnya jalan napas akibat peradangan (bronkitis) dan rusaknya kantung udara (emfisema).
  • Pneumonia
Merokok juga dapat memperburuk atau memperpanjang gejala kondisi pernapasan seperti asma, atau infeksi saluran pernapasan seperti flu biasa.

Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi karena menghambat pasokan dan aliran darah ke penis. Hal ini juga dapat mengurangi kesuburan pria dan wanita.

Risiko kesehatan bagi perokok pasif

Bahaya merokok tidak hanya berdampak pada perokok itu sendiri. Namun, asap rokok yang dihirup orang lain juga dapat membahayakan kesehatannya. Orang yang ikut menghirup asap rokok (tapi tidak merokok) disebut perokok pasif. Bahkan, perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko mendapatkan kondisi kesehatan yang sama dengan perokok aktif.

Bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap efek asap rokok dari orang lain. Seorang anak yang terpapar asap berisiko lebih tinggi mengalami meningitis dan batuk terus-menerus. Juga, jika anak-anak memiliki asma, gejalanya akan bertambah parah.

Selain itu, bayi atau anak-anak yang menghirup asap rokok juga memiliki risiko meninggal mendadak dan mengalami infeksi telinga.

Bahaya merokok pada ibu hamil

Bahaya merokok untuk ibu hamil tidak hanya terjadi pada dirinya sendiri, tapi juga pada janin dalam kandungannya. Merokok selama kehamilan dapat meningkatkan komplikasi seperti:
  • keguguran
  • kelahiran prematur
  • bayi lahir berat badan rendah
  • bayi lahir mati
Itulah Informasi mengenai Sharing Solusi Anak yang Senang Merokok di Sekolah dan Dirumah berikut dengan Bahaya Merokok bagi Kesehatan, Bahaya merokok bagi perokok itu sendiri, Risiko kesehatan bagi perokok pasif, Bahaya merokok pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Anak yang Senang Merokok di Sekolah dan Dirumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel