Tips dan Soal Test Potensi Akademik Calon Kepala Sekolah

Berikut ini kami bagikan secara lengkap Tips dan Soal Test Potensi Akademik Calon Kepala Sekolah sebagai salah satu persiapan dalam mengikuti kegiatan diklat calon kepala sekolah SD, SMP, SMA dan SMK sederajat.

Tips dan Soal Test Potensi Akademik Calon Kepala Sekolah

Tips Menjawab Soal Tes Potensi Akademik


  1. Jangan mengerjakan soal yang mudah tetapi waktunya lama
  2. Jangan tekun, panik dan penasaran dalam menjawab soal-soal yang sulit
  3. Bila tidak bisa, ya nyerah saja deh, dan jangan sekali-kali jawabannya zig-zag
  4. Harus hafal angka pecahan, decimal dan persen serta bilangan factorial
  5. Harus hapal bilangan prima dan prima kuadratnya
  6. Harus hapal bilangan sampai pada pangkat tiga dan juga akarnya
  7. Fokus pada waktu saudara mengerjakan soal dan jangan kalah mental
  8. Ambillah peluang pada soal-soal di sub-test 1 dan sub-test 3
  9. Setiap soal pembagian, solusinya harus dengan perkalian
  10. Makna kata sebagian = sejumlah = tidak semua = sementara = beberapa
  11. Pada soal verbal fokuskan perhatian saudara pada kalimat kedua dan konteks pertanyaannya
  12. Sebelum membaca teks, sebaiknya baca dulu pertanyaannya
  13. Bawalah perlengkapan alat tulis yang cukup banyak dan penghapus yang baik
  14. Jangan meninggalkan soal tanpa diisi secara langsung. Hal ini penting dalam mengisi nomor soal.

Tips Persiapan Tes Potensi Akademik


  1. Satu bulan sebelumnya berlatihlah soal-soal mengenai tes potensi akademik/TPA sebanyak mungkin, dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA yang ada. Ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. Jika ini terjadi, maka anda akan mengalami kesulitan pengaturan waktu saat tes TPA yang sebenarnya. Latihan soal-soal TPA sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal.
  2. Dalam tes potensi akademik/TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA, karena akan membebani anda saja, yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur serta kecepatan dan ketepatan saat menjawab soal.
  3. Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan yang konsentrasi tapi rileks, dan tidak tegang.
  4. Sebelum mulai mengerjakan, lihatlah jumlah soal dan jumlah waktu yang diberikan. Lalu hitunglah berapa alokasi waktu persoal. Misalkan persoal, anda punya waktu 30 detik, maka kerjakanlah masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik saja. Sisa 5 detik ini penting untuk mengerjakan soal-soal yang terlewati atau masih ragu-ragu dalam jawaban. Jika dalam waktu 25 detik, anda tidak mampu menemukan jawabannya, lewati aja dan beralih pada soal berikutnya.
  5. Selain mematuhi alokasi waktu per soal, upayakan pula menabung waktu. Jika dalam mengerjakan satu soal anda hanya membutuhkan 23 detik, maka anda dapat menabung 7 detik. Ini sangat penting artinya di saat-saat akhir. Karena anda akan sangat memerlukan waktu untuk mengulangi soal yang terlewati, soal yang masih ragu-ragu jawabannya, dan meneliti ulang lembar jawaban apakah arsiran pensilnya sudah hitam sempurna.
  6. Jika anda menemukan soal (terutama soal dari tes angka) yang bentuknya belum pernah anda temukan sebelumnya dan anda tidak tahu bagaimana mengerjakan soal tersebut, maka jangan ambil pusing, lewati saja dulu dan fokuskan kepada soal berikutnya. Berpusing-pusing ria terhadap soal tertentu yang anda belum tahu bentuknya dan bagaimana mengerjakannya, akan menguras energi otak dan menguras stamina berfikir anda serta membuang-buang waktu.
  7. Jangan sekali-kali merasa penasaran dengan soal tertentu, apapun jenis soal itu. Disiplinlah dengan alokasi waktu per soal. Ikuti aturan GBYL. Gak Bisa ? Ya Lewati. Rasa penasaran terhadap soal tertentu ini sangat merugikan. Rasa penasaran ini dapat ”mengusik” konsentrasi anda dalam mengerjakan soal-soal berikutnya.
  8. Jangan pilih kasih terhadap soal tertentu, semua soal adalah sama bobot nilainya. Oleh karena itu, setiap soal mendapatkan alokasi jatah waktu yang sama.
  9. Berdasarkan penelitian ilmiah, kondisi psikis, mental dan kinerja otak memiliki hubungan erat. Jika kondisi psikis tenang, maka otak anda berada pada gelombang tertentu yang sangat kondusif untuk berpikir secara optimal. Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan tes TPA,  bermohonlah kepada tuhan agar anda dapat melaksanakan tes TPA ini dengan baik dan melampaui skor minimum yang diharapkan. Harapan itu penting
  10. Lakukanlah sugesti kepada diri Anda sendiri dengan penuh emosional sebelum berlangsungnya tes potensi akademik, dengan mengatakan kepada diri Anda “Aku Bisa”. Kalimat tersebut sangat powerful yang dapat membangkitkan seluruh kekuatan mental dan fikiran Anda untuk berhasil dalam tes tersebut.
  11. Sudah maksimal berusaha? Berdoalah. sebelum dan sesudah mengerjakan tes. Dan bertawakkal terhadap hasil yang diterima. (kalau hasilnya mengecewakan, berbesar hatilah.. sapa tau emank bukan jodoh dsini )
  12. dan lain sebagainya

Download Tips dan Soal Test Potensi Akademik Calon Kepala Sekolah

Supaya lebih mudah menghafal semua yang sudah kami uraikan diatas, lebih lengkapnya lagi, kami sudah sediakan dalam bentuk dan format word yang bisa di Download gratis bagi semua calon kepala sekolah melalui link dibawah ini :

Link Download Tips dan Soal Test Potensi Akademik Calon Kepala Sekolah

Aplikasi Kuis Kompetensi Kepala Sekolah/ Madrasah

Administrasi Kepala Sekolah/ Madrasah Lengkap

Dapatkan Juga Soal test Calon Kepala Sekolah lainnya dibawah ini :

Link Download Soal Cakep Tahap 1

Link Download Soal Cakep Tahap 3

Link Download Soal Cakep Tahap 4

Link Download Soal Cakep Tahap 5

Itulah kiranya berbagi Informasi dan file mengenai Tips dan Soal Test Potensi Akademik Calon Kepala Sekolah pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

*) Aoabila ada file dalam bentuk Rar, Silahkan masukan saja passwordnya : berkassekolah.com

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Soal Test Potensi Akademik Calon Kepala Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel