Aplikasi Raport K13 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019

Berkas Sekolah - Selamat Malam dan selamat berjumpa kembali dengan Admin Berkas Sekolah. Semoga hari dan seterusnya Bapak/Ibu Guru ataupun Pengunjung di salah satu Blog Pendidikan ini diberikan kesehatan, rezeki berlimpah dan Sukses dalam setiap melaksanakan tugasnya. Amiiin.

Dalam tulisan kali ini Berkas Sekolah akan mencoba membagikan salah satu referensi untuk Bapak/Ibu Guru Kelas di SD/MI tingkat 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 untuk Aplikasi Raport K13/ Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1.

Sebelum membahas dan membagikan Aplikasi ini bagi Bapak/Ibu yang masih kesulitan untuk mendapatkan file di Berkas Sekolah, silahkan diklik dahulu Cara Download di Berkas Sekolah supaya nanti tidak kesulitan.

Aplikasi Raport K13 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019
Aplikasi Raport K13 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019

Aplikasi Raport K13 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2019 ini dibuat dari Microsoft Office Excel dengan beberapa formula yang disesuaikan untuk memudahkan dalam merekap nilai keseluruhan dan mencetak raport sesuai dengan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 dari Kemdikbud. Apalagi dengan adanya beberapa perubahan supaya memudahkan dalam pengisian menjadi dasar versi 2019.

Kalau dilihat dari Gambar diatas, Aplikasi ini dibuat semirip mungkin dengan APlikasi Pendataan Dapodikdasmen. Hal ini supaya Bapak/Ibu Guru atau Operator Sekolah tidak asing lagi dengan tampilannya. Bagi Bapak/Ibu yang benar-benar tidak bisa mengoperasikan Ms. Excel. tenang saja karena untuk Aplikasi Raport SD/MI Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2019 sudah dilengkapi dengan Panduan Penggunaan dari Tombol Isian.

Dimulai dari Pengisian Nilai Pengetahuan, Nilai Sikap, Nilai Keterampilan sampai melihat rekap dan  Tombol untuk mencetak Nilai Raport sementara dengan mudah. Adapun yang harus diperhatikan dalam menggunakan Aplikasi ini diantaranya :

Ada beberapa hal yang ditambahkan dalam aplikasi raport K13 kali ini, yaitu diantaranya sebagai berikut :
  • Kompetensi Dasar  (KD) disesuaikan dengan pembelajaran abad 21 yaitu sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 37 Tahun 2018
  • Untuk nilai sikap spiritual (KI1) maupun sikap sosial (KI2) pengisiannya sudah tidak lagi mengggunakan format yang lama, akan tetapi guru harus mengisi melalui jurnal penilaian sikap harian siswa, yaitu mengisi sesuai dengan agenda harian sesuai kejadian yang ada di kelas dalam suatu waktu yang nantinya jumlah sikap akan terekap secara otomatis pada menyesuaikan dengan sikap SANGAT BAIK maupun yang PERLU BIMBINGAN, sedangkan siswa yang tidak mengalami kejadian akan diasumsikan BAIK dalam kegiatan pembelajaran setiap semester, Untuk indikator sikap bisa diedit dan dirubah sesuai dengan kebutuhan lembaga, selain daripada itu untuk deskripsi sikap dan indikator bisa dipilih secara otomatisa sesuai dengan kejadian yang ada. 
  • Pengisian nilai pengetahuan siswa (KI3) berdasarkan muatan pelajaran diisi mulai dari nilai harian (PH) pada tiap KD , nilai UTS/PTS (Penilaian Tengah Semester) sesuai KD yang ada dan nilai PAS (Penilaian Akhir Semester). yang akhirnya nanti akan dijumlah secara otomatis dengan rincian penghitungan sebagai berikut (2 nilai PH) +nilai PTS + nilai PAS dibagi 4 menjadi nilai akhiri (NA) yang akan menentukan bunyi deskripsi KD pada tiap siswa.
  • Setiap kegiatan penilaian tengah semester (UTS/PTS) Guru sudah bisa mencetak raport PTS dengan 2 versi yang berbeda ada yang menggunakan nilai harian dan nilai pTS tanpa deskripsi juga ada ynag menggunakan nilai PTS disertai deskripsi guru nanti dalam menu ini tidak usah melakukan input data lagi, tinggal mengeprin sesuai kebutuhan lembaga sehingga sangat membantu dalam penyusunan administrasi penilaian.
  • Terdapat Absensi harian yang disusun setiap bulan yang secara otomatis akan  direkap selama 1 semester, serta apabila guru menghendaki input manual juga bisa merubahnya melalui menu rekap absensi
  • Menu Kualifikasi nilai PAS tidak ada perubahan namun sudah dibagikan dalam setiap muatan pejaran menjadi 2 yaitu untuk muatan pelajaran guru kelas juga untuk guru mapel.
Dibawah ini kami sertakan file secara lengkapnya untuk masing-masing tingkat untuk bisa di Download dengan mudah.

Aplikasi Raport K13 Kelas 1 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019 Download

Aplikasi Raport K13 Kelas 2 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019 Download

Aplikasi Raport K13 Kelas 3 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019 Download

Aplikasi Raport K13 Kelas 4 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019 Download

Aplikasi Raport K13 Kelas 5 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019 Download

Aplikasi Raport K13 Kelas 6 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019 Download

Itulah kiranya berbgai Informasi dan File mengenai Aplikasi Raport K13 SD/ MI Semester 1 Revisi 2019 pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Sumber : https://www.kangmartho.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel