Materi Pembelajaran PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tingkat SMP

Berikut ini kami bagikan Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Tingkat SMP Semua Mata Pealjaran yang bisa di Download file format PDF.

Materi Pembelajaran PKB Melalui PKP
Paket Unit Pembelajaran PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tingkat SMP semua Mata Pelajaran

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional.

Maka Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran.

Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP.

Adapun Materi Pembelajaran PKB melalui PKP Berbasis Zonasi jenjang SMP meliputi Mata Pelajaran :
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  3. Matematika
  4. PPKn
  5. Bahasa Indonesia
  6. Bahasa Inggris
  7. Bimbingan Konseling
  8. Seni Budaya
  9. PJOK
  10. Informatika (TIK)
  11. Buku Pembelajaran HOTs (tambahan)
  12. Buku Penilaian HOTs (tambahan)

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Unit Pembelajaran PKB melalui PKP berbasis Zonasi jenjang SMP bisa dilihat atau lansung saja di Download melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Tampilan Materi PKP IPS SMP PDF


Download File :
1. Unit Pembelajaran PKB Melalui PKP IPS SMP.pdf (Unduh Disini) 
2. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP IPA SMP.pdf (Unduh Disini) 
3. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP Matematika SMP.pdf (Unduh Disini) 
4. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP Bahasa Indonesia SMP.pdf (Unduh Disini) 
5. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP Bahasa Inggris SMP.pdf (Unduh Disini)
6. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP Bimbingan Konseling SMP.pdf (Unduh Disini) 
7. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP PPKn SMP.pdf (Unduh Disini) 
8. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP Seni Budaya SMP.pdf (Unduh Disini) 
9. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP PJOK SMP.pdf (Unduh Disini)
10. Unit Pembelajaran PKB MelaluiPKP Informatika SMP.pdf (Unduh Disini) 
11. Buku Pembelajaran HOTS SMP.pdf (Unduh Disini) 
12. Buku Penilaian HOTS SMP.pdf (Unduh Disini) 
Itulah kiranya Informasi yang bisa kami bagikan mengenai Paket Unit Materi Pembelajaran PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tingkat SMP semua Mata pelajaran dalam format PDF yang bisa di Download gratis. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel