Panduan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Berikut ini kami bagikan Panduan Pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah Tahun Anggaran 2019 dalam Format PDF yang bisa di Download secara Gratis untuk Penyelenggara dan Peserta.

Panduan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Panduan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Pendidikan madrasah ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai program yang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan. Kompetisi Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi robot tingkat madrasah. Program ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Cilandak Town Square Jakarta Selatan, 2016 di Mall of Indonesia, Jakarta Utara, 2017 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) Serpong, Banten, 2018 di Depok Town Square, Depok Jawa Barat. Pada pelaksanaan tahun kelima ini 2018 diharapkan terjadi peningkatan kualitas dan output yang dihasilkan. Kompetisi Robotik Madrasah merupakan program baru yang menjadi salah satu program unggulan Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Program ini ke depannya diselenggarakan setiap tahun.

Kompetisi Robotik Madrasah diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi. Sekaligus merangsan siswa-siswi madrasah untuk mempersiapkan diri menghadapi era induustri 4.0. Tercapainya kondisi tersebut di lingkungan pendidikan madrasah memacu siswa dalam meraih prestasi belajar, kreatif, inovatif dan menghasilkan penemuan teknologi baru yang membanggakan.

Harapan kami di masa mendatang Kompetisi Robotik Madrasah dapat diselenggarakan juga pada tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten/kota. Sehingga peserta yang mengikuti Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional telah melalui seleksi prestasi dan benar-benar merupakan siswa terbaik di tingkat provinsi. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan hasil Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional merupakan bibit-bibit yang bisa diorbitkan pada kompetisi robot tingkat nasional maupun internasional yang berasal dari madrasah.

Tujuan Kompetisi Robotik Madrasah

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah:
  • Melatih Motorik siswa; Melatih motorik mereka sangatlah penting, dengan pembelajaran robotik mereka belajar untuk merangkai dan menyusun balok menjadi berbagai macam bentuk.
  • Melatih Kreativitas; dengan belajar menyusun dan merangkai, maka kreatifitas anak akan berkembang. Anak-anak akan belajar bagaimana bentuk robot yang mereka inginkan dan belajar untuk mewujudkannya.
  • Merangsang logika berpikir; tugas-tugas membentuk sebuah robot akan membuat anak-anak secara logika mampu menjalankan misi yang diemban.
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam penguasaan teknologi; bangsa yang maju adalah bangsa yang juga mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknologi.
  • Anak juga belajar bagaimana membuat program yang bisa membuat robot yang dibuatnya bergerak sesuai perintahnya dengan memanfaatkan komponen yang ada.
  • Melatih anak berkompetisi dan bekerja sama.
  • Melatih anak untuk mendedikasikan kreativitasnya bagi kebermanfaatan manusia dan alam semesta.

Penyelenggaran Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Kompetisi Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi robot tingkat Madrasah seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Narahubung: Ahmad Riza, 0811-1186-586 | Noor Jannah, 0823-132-69472

Tema Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Kompetisi Robotik Madrasah 2019 mengangkat Grand Theme Robots Save The Earth. Tema ini muncul dari sebuah keyakinan bahwa teknologi robot sudah seharusnya membantu menyelesaikan isu-isu penting lingkungan. Misinya adalah menerapkan teknologi robot untuk menjawab tantangan-tantangan lingkungan (environmental challages) dan menginpirasi generasi penerus untuk sadar akan persoalan lingkungan di sekitarnya. Dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2019 ini, dipadukanlah beragam kemampuan di bidang sains, teknologi, engineering, seni dan matematika. Kemampuan-kemampuan tersebut harus diarahkan untuk menjaga kelestarian bumi dan isinya.

Kategori Lomba Kompetisi Robotik Madrasah 2019

1. Tingkat MI hanya satu kategori yakni Rancang Bangun Mesin Otomatis.
  • Menciptakan teknologi robotik dengan tema Green Energy and Environmental Issues.
2. Tingkat MTs memiliki dua kategori:
  1. Kategori Robot Pemilah Sampah Green Robot Mission.
  2. Kategori Rancang Bangun Mesin Otomatis dengan tema Green Energy and Environmental Issues.
3. Tingkat MA memiliki dua kategori
  1. Kategori Robot Deteksi Lingkungan IOT, Green Robot Detection Mission menggunakan IoT (Internet of Things). 12 tim terbaik dari kategori ini akan dilombakan lagi dalam Grand Final di Metro TV.
  2. Kategori Rancang Bangun Mesin Otomatis Green Energy and Environmental Issues.

Sasaran dan Kuota Peserta Lomba Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Kompetisi Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi robot yang diikuti oleh siswa/i tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah) di seluruh Indonesia.
  1. MI, 2 orang (1 Tim) dan 1 orang Guru Pendamping
  2. MTs, 2 orang (1 Tim) dan 1 orang guru Pendamping untuk masing-masing kategori
  3. MA, 2 orang dan 1 orang guru pendamping untuk masing-masing kategori
Sedangkan kuota yang disediakan adalah:

Hak dan Kewajiban Peserta dan Pendamping Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2019

1. Hak-hak Peserta dan Pendamping :
  1. Peserta berhak mengikuti lomba sesuai dengan peraturan yang berlaku
  2. Peserta berhak mendapatkan ID Card, Kaos, Tas dan Sertifikat
  3. Peserta berhak mendapatkan makan dua kali (siang dan malam) dan snack dua kali (pagi dan sore) pada saat kompetisi.
  4. Pendamping hanya berhak mendapatkan ID Card.
2. Kewajiban
  1. Pendamping dan peserta wajib mendaftarkan dirinya secara online pada website pendaftaran kompetisi robotik madrasah 2019 di website/laman: http://madrasah.kemenag.go.id/mrc2019
  2. Peserta dan pendamping wajib memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia;
  3. Peserta dan pendamping wajib mematuhi peraturan acara yang telah ditentukan oleh panitia;
  4. Peserta dan pendamping wajib membiayai sendiri tiket keberangkatan dan kepulangan dari tempat asal ke lokasi lomba;
  5. Peserta dan pendamping wajib membiayai sendiri penginapan;
  6. Panitia tidak menyediakan transportasi di lokasi acara. Peserta dan pendamping diharapkan mencari transportasi sendiri dengan misalnya taxi atau transportasi online lainnya.
  7. Peserta yang akan menggunakan robot pinjaman dari panitia (untuk peserta MTs Mobile Robot dan MA Robot IoT) wajib melakukan konfirmasi (klik pilihan robot sendiri atau robot dari panitia) saat pendaftaran online
  8. Peserta dan pendamping wajib melakukan konfirmasi kehadiran setelah dinyatakan lolos sebagai peserta lomba dengan membuat surat pernyataan mengikuti perlombaan (contoh sebagaimana terlampir). Apabila peserta dan pendamping tidak melakukan konfirmasi, maka akan digantikan oleh peserta cadangan.

Jadwal Penting Kompetisi Robotik Madrasah 2019

  • Tanggal 26 September-14 Oktober 2019 Sosialisasi dan Pendaftaran Online untuk MI, MTs dan MA
  • Tanggal 14-20 Oktober 2019 Seleksi
  • Tanggal 21 Oktober 2019 Pengumuman Peserta lolos
  • Tanggal 22-27 Oktober 2019 Konfirmasi kesediaan Mengikuti Kompetisi
  • Tanggal 16-17 November 2019 Kompetisi

Waktu dan Tempat Kegiatan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Kompetisi Robotik Madrasah diselenggarakan pada:
Hari : Sabtu-Minggu Tanggal : 16-17 November 2019 Tempat Kompetisi : Grand City Mall, Jl. Wali Kota Mustajab Ketabang Genteng Surabaya Jawa Timur.

Persyaratan Peserta Kompetisi Robotik Madrasah 2019

  1. Peserta diharuskan mendaftar secara online melalui website/laman http://madrasah.kemenag.go.id/mrc2019. Pendaftaran dimulai dari tanggal 26 September -14 Oktober 2019
  2. Mengupload berkas persyaratan:
    • Pasfoto peserta
    • Kartu Pelajar/Kartu Tanda Penduduk
    • Scan Raport terakhir/surat keterangan siswa
    • Surat rekomendasi/tugas dari Kepala Madrasah (Contoh Terlampir).
    • Scan Kartu Keluarga Peserta
    • Scan Akta Lahir Peserta
    • Nomor HP (WhatsApp)
    • Upload makalah dan video profil robot untuk kategori Rancang Bangun Mekanika untuk semua jenjang (MI, MTs dan MA) dengan durasi maksimal 2 menit. Dan upload foto robot untuk kategori mobil robot tingkat MTs dan MA.
  3. Panitia akan memverifikasi data persyaratan yang masuk dan akan mengumumkan daftar calon peserta kompetisi robotik tanggal 21 Oktober 2019;
  4. Seluruh peserta harus melakukan konfirmasi keikutsertaan Kompetisi Robotik pada tanggal 21 - 27 Oktober 2019 dengan mengirimkan surat pernyataan kesediaan mengikuti kompetisi melalui akun pendaftaran. Bila tidak melakukan konfirmasi, maka akan digantikan dengan peserta cadangan.
  5. Setiap tim harus membawa sendiri notebook/Laptop untuk tingkat MI, MTs dan MA.
  6. Setiap madrasah/jenjang mengirimkan satu tim, tidak boleh lebih.
  7. Satu tim terdiri dari dua siswa/i untuk MI, MTs dan MA.
  8. Setiap tim didampingi oleh 1 orang guru pendamping
  9.  Siswa/i yang pernah mendapatkan juara I, II dan III Kompetisi Robotik Madrasah tahun sebelumnya TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti lomba Kompetisi Robotik Madrasah pada jenjang yang sama. Jika di kemudian hari diketahui, maka akan dibatalkan.
  10. Mengingat banyaknya madrasah yang antusias mengikuti lomba dan terbatasnya kuota peserta, maka panitia akan melakukan verifikasi kelengkapan berkas, kualitas dan kecanggihan robot (untuk kategori rancang bangun mesin otomatis melalui video dan makalah)
  11. Untuk kategori robot pemilah sampah dan robot deteksi lingkungan IOT, panitia akan memverifikasi kelengkapan berkas, foto robot dan deskripsi robot serta memperioritaskan tim yang belum pernah menjadi peserta sebelumnya (affirmative action).

Hadiah Penghargaan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Adapun untuk hadiah yang bisa diterima Juara untuk masing-masing kategori bisa dilihat melalui gambar dibawah ini ;

Hadiah Penghargaan Kompetisi Robotik Madrasah 2019
Hadiah Penghargaan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Itulah kiranya hal-hal penting yang bisa kami uraikan mengenai Kompetisi Robotik Madrasah 2019 pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu dalam mempersiapkan Siswa terbaiknya mengikuti lomba yang bergengsi ini.
"Ayo Ikuti dan Buktikan Bahwa Putra-Putri Madrasah berprestasi"

Download Panduan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Bagi Bapak/Ibu Pendamping, Pembina, Kepala Sekolah, atau Guru Madrasah dimanapun berada yang membutuhkan Panduan secara lengkap untuk mengikuti Lomba Robotik Madrasah tingkat Nasional Tahun Anggaran 2019, bisa dengan mudah didapatkan file lengkapnya dibawah ini ;

Preview Panduan Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Download File :
Download Panduan Kompetisi Robotik Madrasah 2019
Itulah kiranya berbagi Informasi dan file tentang Petunjuk Penyelenggaran Kompetisi Robotik Madrasah Tahun Anggaran 2019. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel