Aplikasi RKAS Manual Format Excel 2020

Berikut ini kami bagikan secara Gratis Aplikasi RKAS Manual dalam Format Excel sebagai salah satu solusi bagi bendahara yang tidak paham menggunakan Aplikasi E-RKAS.

Aplikasi RKAS Manual Format Excel 2020

Aplikasi E-RKAS untuk saat ini harus digunakan dalam membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah untuk 1 tahun pelajaran berkaitan dengan peraturan baru di tahun anggaran 2020. Bagi bendahara yang dahulu pernah menggunakan ALPEKA BOS hasil kerjasama dengan Pemerintah Australia (USAID) pasti tidak asing lagi karena sama persis dengan isi dari E-RKAS terutama dalam komponen penggunaan anggaran dalam pengadaan barang dan jasa didalamnya.

Karena banyaknya Bendahara Sekolah/ Madrasah yang tidak bisa mengoperasikan E-RKAS dalam membuat RKAS, menjadi Inspirasi bagi Sdr. Yusep Patahudin membuat RKAS dalam format excel. Dengan harapan banyak sekali Bendahara di Sekolah/ Madrasah terbantu dalam membuat RKAS secara Manual.

Meskipun Aplikasi ini dibuat dalam format excel, tetapi komponen didalamnya sama persis dengan Juknis BOS Tahun Anggaran 2020 yang direlease pada awal Januari  Tahun 2020. Kelebihannya bisa membuat Laporan setiap kegiatan Rutin yang ada di Sekolah/ Madrasah seperti (PTS, PAS, PAT, UNBK) terutama dalam hal anggarannya.

Dengan begitu ini sama persis dengan E-RKAS yang didalamnya terdapat penggunaan Anggaran untuk setiap Pencairan yang disebut juga dengan SIPLAH. Sehingga Bapak/Ibu Bendahara bisa dengan mudah COPAS (Copy PAste) hasilnya kedalam Aplikasi E-RKAS. Beberapa tampilan dalam Aplikasi ini bisa dilihat dibawah :

Aplikasi RKAS Manual
Menu Utama Aplikasi RKAS Manual Format Excel 2020
Menu Aplikasi RKAS Berkas Sekolah
Data Peserta Didik, Guru dan Kebutuhan Buku di Aplikasi RKAS share Berkas Sekolah

Isian Data Sekolah di Aplikasi RKAS
Isian Data Sekolah di Aplikasi RKAS

Kertas Kerja RKAS Berkas Sekolah
Kertas Kerja RKAS Berkas Sekolah
Layout Aplikasi RKAS Berkas Sekolah
Layout Aplikasi RKAS Berkas Sekolah

Lembar Pengesahan RKAS
Lembar Pengesahan RKAS 
Laman Resmi https://siplah.kemdikbud.go.id/  untuk berbelanja secara Daring supaya mempermudah dalam proses pembuatan laporan pertanggungjawaban dan pengggunaan dana BOS.

Prakata dari sang Pembuat :

In Sya Alloh *RKAS manual* ini telah disesesuiakna dengan Referensi *ARKAS* yang mengacu ke *JUKNIS BOS 2020* ( _PERMENDIKBUD No 08 Tahun 2020_ )

RKAS ini, hanya sebagian sheet di *protect* dan kebanyakan yang terbuka, untuk itu saya sarankan :
  1. Jangan menambah atau menghapus* *ROW/Baris* (takutnya merubah ke rumus-rumus yang ada)
  2. Baca dulu Panduan singkat (tidak panjang,,,) he he he
  3. didalam sudah ad isinya, silahkan saja jangan terpokus ke isian yang ada, tapi sesuaikan dengan kebutuhan dan program di skeolah masing2,
  4. JIka ad yang tidak sesuia Program perencanaan, hapuslah angka-angkanya saja (jangan hapus row/baris)
  5. Ucapkan dulu Basmalllah seblum bekerja, dan Alhamdulillah setelah selesai
Itulah kiranya penjelasan secara sederhana mengenai Aplikasi RKAS Manual dalam Format Excel sesuai dengan Permendikbud No 08 Tahun 2020. Bagi yang membutuhkan aplikasinya bisa dengan mudah di Download melalui link berikut ini :
Unduh Aplikasi RKAS Manual Format Excel 2020
UNduh Aplikasi RKAS dan LPJ BOS 2020 Full
Demikianlah kiranya berbagi Informasi dan file mengenai Aplikasi RKAS Format Excel. Semoga bisa membantu dalam pembuatan RKAS dan Laporan SPJ BOS untuk diinput di E-RKAS dan SIPLAH. Sekian dan Terima Kasih.

UPDATE :
Bagi yang menggunakan RKAS manual /Excell yang kemarin saya bagikan, :
  1. Jika Program di Kertas Kerja RKAS tidak muncul, (ada yang terhiden) maka silahkan buka filter di cell AA12 atau nomor (6), Ceklis "blank"
  2. Jika nama Komite sekolah tidak otmatis di Pengeshan dan di Rekap, silahakan buka aja ptrotec sheetnya pasword : septygar1976 ==> untuk gantinya, mau diketing langsung atau pakai rumus dengan mengetikan =Nama_komite
  3. Apabila di stdar 1 kolom jumla merah, silahakn cek di baris/row AA249 (pelaksnaan ulangan harian) disitu di blok hitam, itu dikarenakan, peneybarn per TW nay dimanual, dan tidka sesuia dengan jumlah yang dianggarkan per tahun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...